OKEZONE WEEK-END: Miliki Banyak Khasiat, 5 Tokoh Wanita Indonesia Ini Mengaku Hobi Minum Jamu, Salah Satunya Mooryati Soedibyo

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Minggu 20 Agustus 2017 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 20 194 1759239 okezone-week-end-miliki-banyak-khasiat-5-tokoh-wanita-indonesia-ini-mengaku-hobi-minum-jamu-salah-satunya-mooryati-soedibyo-LfplsyeamL.jpg Mooryati Soedibyo (Foto: Istimewa)

JAMU memang banyak dikenal sebagai salah satu minuman bercita rasa pahit. Namun, jangan ragukan khasiatnya yang tak hanya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, namun juga kecantikan.

Ya, wanita zaman dulu banyak yang mengandalkan jamu sebagai kunci rahasia kecantikan alami. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, jamu yang mulanya dianggap sebagai ramuan alami 'kuno' kini sudah tampil lebih modern dan memiliki banyak ragam.

Mampu beradaptasi dalam perkembangan industri kesehatan Indonesia, tak sedikit tokoh Indonesia yang mengakui kehebatan jamu. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya seperti dirangkum Okezone.

BACA JUGA:

Titiek Puspa


Siapa yang tak kenal dengan Titiek Puspa? Ya, di usianya yang sudah mencapai kepala delapan, bisa dilihat wajahnya tetap terlihat awet muda dan kencang. Ternyata salah satu rahasianya terletak pada konsumsi racikan kunyit asam yang dicampur dengan jeruk nipis. Tak lupa, ia juga selalu mengonsumsi air mineral.

Mooryati Soedibyo


Sudah menginjak usia 89 tahun, salah satu ritual yang paling tidak pernah dilupakan pendiri salah satu produk kosmetik kenamaan Indonesia ini setiap harinya adalah minum jamu. Ya, ramuan herbal alami tersebut telah diminumnya sejak ia masih kecil dan masih terus mempertahankan kebiasaannya hingga kini. Khasiatnya, tubuhnya tetap terlihat bugar, segar, dan tampak awet muda. Jamu godogan daun sembung, kunyit asam, dan beras kencur adalah beberap jamu favoritnya. Menurutnya, ketiga jenis jamu tersebut bisa menangkal radikal bebas, mencegah batuk dan flu, hingga melancarkan pencernaan.

Wulan Tilaar

Lahir dari keluarga yang gemar mengonsumsi jamu, Wulan mengaku turut mengikuti jejak sang bunda, Martha Tilaar yang gemar mengonsumsi ramuan tradisional tersebut. Menurutnya, konsumsi jamu bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan mempercantik penampilan kulitnya. Selain itu, jamu juga penting dalam siklus haidnya. Setiap menstruasi, ia selalu mengonsumsi jamu kunyit asam untuk melancarkan dan menghilangkan bau tidak sedap. Serta jamu juga dipercaya Wulan bisa membantu menyeimbangkan hormon dan menghilangkan kolesterol.

Wulan Guritno

Untuk memiliki tubuh sehat dan bugar, aktris Wulan Guritno memilih minum jamu tradisional. Ya, Wulan mengaku rutin minum jamu sejak kecil, seperti beras kencur atau kunyit. Setelah dewasa, Wulan tak lupa menurunkan kebiasaannya tersebut pada buah hatinya. Anak-anaknya diminta mengonsumsi jamu untuk kebugaran tubuh. Menurut Wulan, jamu juga sangat bermanfaat untuk ibu pasca melahirkan lantaran bisa menurunkan berat badan dan menjaga kesehatannya.

 BACA JUGA:

Eksistensi Kain Tradisional di Kalangan Millenial, Semakin Hari Semakin Baik

Fira Basuki

Novelis satu ini juga sudah terbiasa mengonsumsi jamu buatan sang ibunda sejak kecil. Saat kecil dulu, sang ibu rajin membuatkan kunyit asam dan jahe yang dicampur dengan telur atau susu. Menurutnya, sari kunyit bisa meningkatkan stamina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini