nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Beras Kencur Sampai Kunci Sirih, 5 Jamu yang Bikin Tubuh Langsing dan Wajah Bebas Jerawat

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Minggu 20 Agustus 2017 17:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 20 194 1759298 okezone-week-end-beras-kencur-sampai-kunci-sirih-5-jamu-yang-bikin-tubuh-langsing-dan-wajah-bebas-jerawat-8Fdb4FJeBw.jpg Ilustrasi minum jamu (Foto: Actupoker)

JAMU merupakan warisan turun temurun asli Indonesia yang dipercaya bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan hingga kecantikan. Bukan sembarang minuman, ramuan tradisional alami ini memang berasal dari berbagai tanaman khas Indonesia dan bisa diproduksi sendiri di rumah.

Bagi Anda yang ingin tampil langsing atau bebas dari masalah jerawat, berikut adalah beberapa pilihan jamu yang memiliki manfaat untuk kecantikan, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

BACA JUGA:

OKEZONE WEEK-END: Terungkap! Raja Zaman Dahulu Juga Minum Obat Kuat Loh

OKEZONE WEEK-END: Ingat, Jangan Jadikan Jamu sebagai Obat Utama Penyakit Anda!

Jamu beras kencur

Beras kencur merupakan salah satu jenis jamu yang populer di masyarakat. Perpaduan rasa manis dan segarnya berasal dari ekstrak kencur, beras, ekstrak jahe, dan ekstrak asam. Bisa disajikan saat panas atau dingin, jamu beras kencur berkhasiat sebagai pelangsing tubuh yang alami dan mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

Jamu kunyit asam

Kunyit dan buah asam seringkali diracik bersama duan asam muda, temulawak, biji kedaung, serta perasan jeruk nipis. Kunyit asam memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan. Di antaranya adalah membersihkan dan mencerahkan kulit wajah, wanita yang rajin mengonsumsi kunyit, kulitnya akan tampak bersih dan cerah. Berikutnya, membantu meremajakan sel tubuh, kandungan antioksidan dalam kunyit dapat membantu proses peremajaan sel-sel tubuh serta memperlambat proses penuaan.

Jamu pahitan

Sesuai namanya, jamu pahitan berasal dari tanaman tradisional yang memiliki rasa pahit. Tanaman tersebut di antaranya adalah sambiloto, brotowali, widoro lau, dan adas. Meski rasanya pahit, namun jamu ini dikenal berkhasiat mencegah jerawat hingga masalah bau badan.

BACA JUGA:

OKEZONE WEEK-END: Awas, Jangan Minum Jamu sebagai Pelarut Obat, Penyakit Tidak Akan Sembuh!

OKEZONE WEEK-END: 7 Jamu Tradisional Penuh Khasiat, Beras Kencur, Kunci Suruh hingga Uyup-Uyup

Jamu kunci sirih

Jamu kunci sirih menjadi ramuan tradisional yang banyak dikonsumsi wanita Indonesia. Khasiatnya sangat baik untuk kecantikan, seperti mengurangi keputihan, mengatasi masalah bau badan tidak sedap, hingga merapatkan organ kewanitaan. Untuk membuatnya, Anda bisa mengolah langsung daun sirih ditambah dengan temu kunci dan gula merah. Bahan tradisional lainnya yang bisa ditambahkan adalah kunyit, kencur, jahe, kayu manis, kapulaga, asam jawa, serai, perasan jeruk nipis, serta gula merah.

Sinom

Sinom biasa dikonsumsi setelah seseorang mengonsumsi jamu yang pahit. Bahan yang digunakan adalah sinom (daun asam Jawa yang masih muda), temulawak, kunyit, kayu manis, dan kapulaga. Sinom bermanfaat membuat badan terasa segar, serta membantu proses detoksifikasi sehingga wajah akan tampak bersinar dan bebas jerawat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini