Share

Tidak Menyesuaikan Kondisi Kesehatan Rambut, Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mewarnai Rambut

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 21 194 1759647 tidak-menyesuaikan-kondisi-kesehatan-rambut-kesalahan-yang-sering-dilakukan-saat-mewarnai-rambut-gGf2dvuKj1.jpg Rambut berwarna (Foto: Howcast)

TREN pewarnaan rambut setiap tahunnya terus mengalami perkembangan. Tak heran bila mewarnai rambut kini telah menjadi salah satu rutinitas yang sering dilakukan untuk membuat penampilan terlihat berbeda.

Kendati demikian, yang namanya pewarnaan rambut tentu bisa memberi dampak kurang baik pada rambut. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa hal sebelum mewarnai rambut. Apa sajakah itu?

Pertama adalah melakukan konsultasi terlebih dulu. Ya, salah satu kesalahan terbesar yang kerap dilakukan oleh mereka yang akan melakukan pewarnaan rambut adalah tidak melakukan konsultasi kepada hairstylist atau hairdresser salon.

 BACA JUGA:

Polusi dan Sinar Matahari Bikin Warna Cat Rambut Cepat Pudar, Simak Cara Merawatnya Berikut Ini!

TRAGIS! Niat Coba Tren Warna Rambut Terbaru, Wanita Ini Malah Alami Kebotakan dan Luka Bakar Parah di Kulit Kepala

"Melakukan proses kimiawi pada rambut apa pun itu, termasuk pewarnaan harus diawali dengan melakukan konsultasi terlebih dulu. Dengan begitu, akan ada input dan feedback, suka atau tidak suka dari klien," papar Danielle Keasling, seorang hairdresser asal Amerika Serikat, di Jakarta, belum lama ini.

Konsultasi yang dimaksud meliputi bentuk wajah, kondisi rambut, warna rambut, hingga latar belakang rambut sang klien. Bila hal tersebut tidak dilakukan, bukan tidak mungkin akan berakhir petaka.

"Penting pula untuk melakukan pewarnaan rambut di salon kecantikan dan bukan di rumah. Melakukan pewarnaan di salon kecantikan dan konsultasi terlebih dulu tidak akan memberi hasil yang membahayakan pada klien," jelas Patricia Lauretta Viola, seorang manajer bagian edukasi sebuah produk pewarnaan rambut.

Berikutnya, yang tak kalah penting adalah memotong rambut setelah mewarnainya. Ya, tak banyak orang yang tahu bahwa setelah mewarnai, rambut perlu dipotong. Memang kedengarannya sayang bila rambut yang sudah diwarnai justru dipotong. Namun, rupanya ini yang bisa memberi hasil optimal yang diinginkan.

Menurut Daniel Roldan, hairdresser lainnya asal Amerika Serikat, memotong dan mewarnai rambut bisa memberi efek membuka dan menutup wajah. Misalnya, wajah yang ingin terlihat lebih tirus maka potongan rambutnya sedikit menutupi wajah dan warna rambut bagian dalam dibuat lebih gelap dan luarnya dibuat lebih terang. Bila hanya salah satu yang dilakukan maka hasilnya tidak akan maksimal.

BACA JUGA:

Ternyata Baking Soda Bisa Bikin Rambut Lebih Bervolume! Ini Caranya!

Cerita Luna Maya soal Rambut Barunya yang Berwarna Ash Grey

"Penempatan warna perlu disesuaikan dengan warna kulit, sementara pengguntingan rambut disesuaikan dengan bentuk wajah. Keduanya harus saling mendukung agar hasilnya maksimal," ujar Daniel Roldan.

Contoh lainnya, menambah volume rambut adalah menciptakan gradasi yang memberikan efek rambut lebih terangkat. Sementara untuk potongannya, dibuat layer dari bagian dalam menuju luar.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini