nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berapa Lama Sebaiknya Keju Disimpan dalam Kulkas & Aman Dikonsumsi? Kenali Jenis Kejunya Dulu

Tentry Yudvi, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017 13:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 21 298 1759773 berapa-lama-sebaiknya-keju-disimpan-dalam-kulkas-aman-dikonsumsi-kenali-jenis-kejunya-dulu-oTG37i8Ci0.jpg Menyimpan keju dalam kulkas (Foto:Vynebistro)

SISA keju yang habis digunakan sebagai topping di atas roti bakar biasanya banyak dimasukkan ke dalam kulkas. Meski begitu, terkadang banyak orang lupa jika keju yang mereka tempatkan di kulkas dalam jangka waktu panjang tidak terlalu baik untuk dikonsumsi.

Kulkas memang sangat membantu agar bahan makanan tetap memiliki kualitas yang baik sehingga masih layak untuk dikonsumsi. Namun, ternyata tidak semua bahan makanan baik dikonsumsi meski disimpan dalam refrigerator tersebut.

BACA JUGA:

Yuk, Intip Makanan Favorit Artis Hollywood dan Pemain Bola Termahal di Dunia

POP SUGAR: Si Kecil Lagi Malas Makan? "Sogok" Dulu dengan Es Krim Kopyor Spesial

Saat keju tersimpan dengan keadaan terbuka, biasanya akan sering muncul warna hijau dari beberapa sisi yang menandakan keju tersebut berjamur. Anda mungkin tak pernah menyadarinya, namun keju dengan kondisi seperti ini akan membuat Anda sakit jika memakannya.

Untuk itu lebih baik langsung buang saja keju favorit Anda karena sudah tidak layak dimakan. Agar kejadian ini tidak sering terjadi, sebenarnya ada cara tersendiri lho agar keju tetap awet ketika dimasukkan ke kulkas dalam jangka waktu panjang.

Langkah pertama adalah mengenali jenis keju Anda terlebih dahulu. Jika kejunya bertekstur kasar seperti premesan atau cheddar, mereka biasanya akan tahan selama dua hingga empat pekan dengan keadaan bungkus belum terbuka. Berdasarkan website kuliner Tasting Table, sekali dibuka keju bisa tahan hingga enam pekan.

BACA JUGA:

Lagi Menurunkan Berat Badan? Jangan Sering-Sering Makan Kelapa Ya, Juga 3 Buah Lainnya

Keren, Yakin Berani Makan atau Masak 5 Buah & Sayuran Cantik Ini?

Sementara untuk keju Gruyere, Gounda dan keju lainnya dimana teksturnya tidak terlalu keras atau lembut, hanya bisa tahan selama tiga pekan setelah dibuka, atau dua pekan di freezer jika bungkus tidak tersentuh. Akan tetapi, bagi keju dengan tekstur sangat lembut yang menyimpan kelembaban harus dimakan dalam waktu dua pekan setelah dibuka. Ini berlaku untuk jenis brie, feta dan camembert.

Dr Ailsa Hocking menceritakan ke ABC.net, jika ingin memotong keju berjamur aman dilakukan untuk jenis keju kasar. Anda bisa memotong beberapa sentimeter dari area jamur tersebut jika ingin masih mengonsumsinya.

Sementara dilansir dari Independent, Senin (21/8/2017), sedangkan untuk keju lembut, dan lembab biasanya jamur akan cepat menyebar. Jadi, lebih baik jika keju Anda sudah kedarluwarsa lebih baik jangan mengambil resiko, langsung saja buang. Sebab, keju tersebut sudah tidak sebanding dengan kesehatan yang Anda harus jaga.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini