Image

Mata Ngantuk Dijamin Langsung Melek Setelah Lahap 4 Makanan Terasam di Dunia

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017, 16:12 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 08 21 298 1759888 mata ngantuk dijamin langsung melek setelah lahap 4 makanan terasam di dunia w5cBn2Tkag.jpg Makanan paling asam (Foto:Telegraph)

KETIKA letih bekerja atau melakukan aktifitas yang padat pasti tubuh akan lelah dan mata enggan melek karena mengantuk. Obat saat mengantuk memang adalah tidur namun jiia belum waktunya tidur, coba obati kantuk dengan menyantap makanan segar.

Salah satu rasa makanan yang bisa membuat mata kembali melek dan segar tentu makanan pedas atau asam. Meskipun banyak sumber makanan asam, tapi ada lho beberapa makanan yang kadar rasa asamnya ‘kurang ajar’ alias nendang. Makan makanan ini dijamin mata dan badan kembali segar dan ON.

Dirangkum dari berbagai sumber, Okezone pilih 4 makanan terasam di dunia yang bisa dicoba.

Umeboshi

Buah yang satu ini berasal dari Jepang dan dikenal masyarakat dengan sebutan Japanese Salt Plum. Biasanya buah ini disajikan sebagai teman makan nasi saat sarapan ataupun makan siang. Buah ini memiliki bentuk bulat dengan tekstur buah yang kenyal dan sedikit kering. Umeboshi masuk dalam kategori buah terasam di dunia karena tingginya kadar citric acid yang ada dalam buah ini.

Sauerkraut

Makanan ini adalah olahan kol yang merupakan makanan khas Jerman. Untuk membuat sauerkraut, kubis dipotong tipis kemudian diolah dengan fermentasi bakteri asam laktat. Bakteri asam yang digunakan antara lain Leuconostoc, Lactobasilus dan Pediococcus. Makanan ini sudah ada sejak zaman prasejarah sehingga bisa dikatakan sebagai makanan purba. Sauerkraut sering digunakan sebagai pencegah penyakit skorbut yang terkenal sering melanda para pelaut ketika sedang berlayar.

Kumquat

Buah ini masuk sebagai jenis jeruk-jerukan. Bentuknya kecil seperti buah zaitun namun rasa asamnya sangat tinggi. Kumquat sering digunakan untuk membuat selai atau jelly. Jika dimakan langsung, jeruk ini memiliki rasa agak manis pada bagian kulitnya namun makin ke tengah dagingnya maka rasanya akan semakin asam. Saat tahun baru China, buah ini sering dijadikan sebagai hadiah karena mengandung makna keberuntungan.

Grapefruit

Di Indonesia, buah ini tidak terlalu familier. Bentuknya memang menunjukkan jeruk namun bagian dagingnya berwarna merah terang. Tampilannya yang cantik sama sekali tidak menggambarkan rasanya karena jika dimakan, buah ini memiliki rasa yang sangat asam. Meskipun segar dan siap membuat mata melek, buah ini terbukti cukup berbahaya jika disantap bersama obat. Kandungan dalam buah grapefruit diyakini bisa menghalangi penyerapan obat dalam tubuh.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Berita Rekomendasi

Cari Berita Lain Di Sini