nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk Belajar Sejarah Jawa di Museum Terbaik Indonesia

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017 15:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 21 406 1759878 yuk-belajar-sejarah-jawa-di-museum-terbaik-indonesia-nt0diLnvi0.jpg Museum Ullen Sentalu (foto: Dada Sathilla/Okezone)

POPULARITAS Yogyakarta sebagai destinasi wisata kian meningkat akhir-akhir ini. Tak sulit memilih destinasi wisata maupun pilihan makanan dan akomodasi di Kota Gudeg.

Satu destinasi yang wajib dikunjungi bagi Anda dan keluarga adalah museum Ullen Sentalu. Disebut sebagai museum terbaik di Indonesia, museum ini menawarkan hiburan sekaligus edukasi terutama seni dan budaya Jawa.

(Baca Juga: UNCOVER INDONESIA: Mengulik Korowai, Suku Kanibal di Papua yang Jadi Sorotan Dunia)

(foto: Instagram/@daniela_itu_ecy)

Terletak di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Kabupaten Sleman, Museum Ullen Sentalu telah dibuka sejak tahun 1997. Bangunannya mudah dikenali karena bergaya kolonial eropa dan luas.

Area sekitar museum rimbun dengan berbagai macam pohon dan tanaman, menciptakan suasana yang rindang dan tenang. Suasana tenang semakin terasa karena hawa di sekitar museum dingin berkisar antara 15-25 derajat celcius.

(Baca Juga: SHARE LOC: Bertualang Mencari Air Terjun yang Tersembunyi di Hutan Belantara Bengkulu)

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Untuk mengunjungi museum ini dikenakan tiket seharga Rp30.000 untuk turis lokal dan Rp50.000 untuk turis asing. Disebut sebagai museum terbaik di Indonesia oleh situs panduan wisata TripAdvisor, museum Ullen Sentalu memang beda dengan kebanyakan museum di Indonesia.

Ketika masuk ke area museum pengunjung tidak diperbolehkan mengambil foto dan video. Sebagai gantinya pengunjung akan ditemani oleh seorang pemandu saat menjelajah isi museum. Pemandu membagi pengunjung dalam kelompok kecil yang tak lebih dari 10 orang. Penjelasan diberikan dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

(Baca Juga: Gerhana Matahari Siap Menggelap Gulitakan Sebagian Langit Amerika Hari Ini!)

Di dalam museum ini pengunjung diberikan cerita sejarah kerajaan mataram, yang pada abad ke 17 merupakan kerajaan Islam terbesar di Jawa. Bagaimana awal mulanya Mataram bersatu lalu campur tangan Belanda yang mengakibatkan Mataram pecah menjadi 4 kerajaan hingga saat ini, yaitu Kesultanan Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman di Yogyakarta, serta Praja Mangkunegaran dan Kasunanan Surakarta di Solo.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Ada banyak artefak peninggalan kerajaan Mataram yang bisa dilihat di Ullen Sentalu, seperti keris, batik, surat - surat, patung, lukisan hingga foto. Selain itu pemandu juga memberikan fakta-fakta menarik seputar pernikahan kerajaan serta perjalanan para bangsawan Jawa mengunjungi kerajaan Belanda.

Sebuah cerita sejarah yang tak akan bisa ditemukan di buku sejarah atau sekolah. Pengunjung juga dibuat semakin betah dengan atmosfer Jawa yang kental berkat sang pemandu yang menjelaskan dengan aksen Jawa.

Sebagai museum seni dan budaya Jawa, Ullen Sentalu memiliki banyak koleksi. Koleksi-koleksi ini dibagi dalam 4 ruangan. Yang pertama adalah ruangan seni dan gamelan. Ruangan kedua bernama Guwo Selo Giri yang menyimpan lukisan para tokoh yang mewakili 4 dinasti Mataram.

(Baca Juga: SHARE LOC: 4 Destinasi Terbaik di Lombok selama Agustus)

Ruangan selanjutnya bernama Kampung Kambang yang merupakan ruang pamer koleksi batik, syair hingga album. Sedang ruangan terakhir bernama Sasana Sekar Buana dan Koridor Letja Randa yang merupakan museum outdoor.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Di akhir tur sepanjang 1 jam ini pengunjung diberikan minuman jahe hangat sebagai penutup perjalanan. Setelah itu tur selesai dan pengunjung dibebaskan berfoto atau merekam video di area luar museum. Meski hanya di bagian luar, namun tetap berharga karena pemandangan disini lumayan indah dengan bangunan museum yang bergaya arsitektur kolonial eropa yang megah.

Mengunjungi Ullen Sentalu merupakan pilihan yang tepat untuk mengisi liburan sekaligus menyegarkan ingatan akan sejarah bangsa. Juga membangkitkan rasa bangga akan budaya bangsa sendiri.

Bila ingin mengisi perut setelah lama berada di dalam museum, anda bisa mengunjungi restoran Beukenhof yang menyajikan masakan eropa dan asia. Museum ullen sentalu buka setiap selasa hingga minggu mulai jam 8.30 pagi hingga 5 sore. Tur diadakan setiap 30 menit sekali mulai dari jam 8.45 pagi.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini