nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap! Arwah Kepala Suku Mampu Sembuhkan Penyakit Warga di Venezuela

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 09:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 21 406 1760217 terungkap-arwah-kepala-suku-mampu-sembuhkan-penyakit-warga-di-venezuela-KxC2tYljtN.jpg Ilustrasi Pengobatan Tradisional di Venezuela (foto: Meridith Kohut, National Geographic)

SETIAP keyakinan dalam sebuah suku bangsa, memiliki cara yang berbeda untuk mengobati anggotanya yang sakit. Dengan cara-cara yang tradisional mereka mencoba mengobati anggotanya hingga sembuh. Dan, tidak jarang pasien tersebut pun sembuh.

Seperti halnya penyembuhan bagi warga yang hidup di kaki gunung Sorter, dekat Chivacoa, Venezuela. Pengobatan dilakukan dengan membaringkan pasien di atas tanah kosong, dikelilingi oleh lilin-lilin yang berkedip-kedip. Corak serta motif-motif yang rumit tergambar dengan kapur putih, kemudian pasien akan diminta untuk memejamkan mata.

(Baca Juga: SHARE LOC: Yeay! Snorkeling di Pulau Pinjan Enggak Perlu Basah-basahan Lho)

(foto: Meridith Kohut, National Geographic)

Edward Guidice, seorang tabib, dengan bertelanjang dada dengan kalung manik berwarna-warni dan gigi babi hutan di sampirkan di lehernya, mulai memanjatkan doa-doa dengan suara keras, memanggil arwah kepala Suku bernama Mara.

Dia meminta pada orang-orang terdahulu yang telah tiada dan roh dari Maria Lionza untuk membantu pengobatan yang dilakukannya. Banyak warga yang mempercayai penyakitnya untuk disembuhkan oleh Guidice. Bagaimanapun, Guidice merupakan satu-satunya media yang dapat menghubungi Emeregildo, yang diyakini memiliki kemampuan penyembuhan yang lebih kuat dari pada kebanyakan roh lainnya.

(Baca Juga: UNCOVER INDONESIA: Mengulik Korowai, Suku Kanibal di Papua yang Jadi Sorotan Dunia)

(foto: Meridith Kohut, National Geographic)

Emeregildo adalah roh yang cerdas dengan jenggot putih panjang yang berjalan membungkuk dengan tongkat dan selalu meminta kopi saat kemunculannya. Beberapa pasien mengatakan Emeregildo telah menyembuhkan mereka dari penyakit, sementara warga lainnya mengatakan mereka lumpuh hingga kemudian dapat berjalan lagi.

Kabar kesaktian dari tabib Guidice tersebar hingga ke seluruh penjuru Venezuela, sehingga tidak heran mulai banyak warga dari daerah lain pergi ke sebuah gubuk tempat Guidice, dengan harapan Emeregildo dapat menyembuhkan penyakit mereka.

(Baca Juga: SHARE LOC: Bertualang Mencari Air Terjun yang Tersembunyi di Hutan Belantara Bengkulu)

Cara Guidice menyembuhkan penyakit pasiennya yaitu dengan cara mengisap cerutunya, lalu meniupkan asap ke kulit di atas luka atau penyakit pasiennya, bergantian terus begitu tahapannya. Lilin-lilin merah menetes di atas tubuh pasiennya. Asap tembakau diyakini dapat menyerap penyakit dan bila abunya berubah warna dari hitam menjadi putih, maka dapat dikatakan pengobatan berhasil.

"Pasien datang dengan berbagai jenis penyakit, masalah jantung, masalah tulang belakang, kanker, masalah dengan kaki, lutut, dan mata mereka, ada banyak orang miskin yang menderita," ucap Guidice, seperti yang dikutip dari National Geographic, Selasa (22/8/2017).

(Baca Juga: Yuk Belajar Sejarah Jawa di Museum Terbaik Indonesia)

(foto: Meridith Kohut, National Geographic)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini