Duh! Gara-Gara Lakukan Pose Yoga yang Salah, Wanita Hamil Alami Buta Sementara

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017 08:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 21 481 1759626 duh-gara-gara-lakukan-pose-yoga-yang-salah-wanita-hamil-alami-buta-sementara-fEcdgPff4n.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

LATIHAN yoga di saat hamil memang disarankan, karena dampaknya baik untuk kesehatan dan sebagai persiapan persalinan. Tapi, wanita hamil tidak boleh sembarang memilih gerakannya, karena bisa-bisa mengalami cedera hingga risiko gangguan penglihatan.

Seperti yang dialami seorang wanita hamil dari Kota Leicester, Inggris. Dia kehilangan penglihatannya setelah melakukan sesi yoga dengan pose ke bawah.

(Baca Juga: Cukup Olahraga HIIT, Kadar Gula Darah Jadi Stabil, Penderita Diabetes Tak Perlu Minum Obat?)

Kejadian ini merupakan kasus medis baru yang tak terduga. Posisi yoga yang dilakukan tersebut berisiko membuat dirinya mengalami retinopati valsalva (VR). Hal ini karena menyebabkan aliran darah di bagian mata tersumbat.

(Baca Juga: Selain Menunda Kehamilan, Ternyata Ini 6 Manfaat Lain Penggunaan Pil KB pada Perempuan)

Sementara dokter kini memastikan bahwa VR telah dikaitkan dengan latihan yoga tertentu. Sepengetahuan tim medis, kasus seperti ini belum dilaporkan dalam literatur yang berhubungan dengan yoga.

Sebelumnya, kondisi yang terkait dengan ketegangan ekstrem hanya terjadi pada persalinan normal, dengan kondisi mata pasien minus tinggi. Tindakan ini sangat berbahaya bila berkaitan dengan risiko kebutaan.

(Baca Juga: Tinggalkan Roti, Sarapan Makan 8 Sayur dan Buah Ini Bikin Perut Kenyang Sampai Siang)

Setelah Ada kasus VR setelah yoga, yang jelas dokter tidak menyarankan wanita hamil melakukan pose dengan kepala menunduk ke bawah dan menekan pantat. Saat kejadian tersebut, wanita hamil berusia 35 tahun itu dibawa ke Leicester Royal Infirmary Hospital.

Mata kirinya mengalami gangguan penglihatan dan segera diatasi oleh dokter. Beruntung, setelah melakukan perawatan selama lima bulan, wanita tersebut telah menjalani persalinan yang sehat. Gangguan pada matanya juga telah teratasi.

(Baca Juga: Tanpa Sadar, Nonton Serial Drama Korea Bisa Bikin Kecanduan, Anda Berisiko Insomnia!)

Dengan adanya kasus ini, para dokter berpesan agar wanita hamil tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang berkaitan dengan kontak fisik. Seperti scuba diving, judo dan berolahraga di ketinggian.

Hal ini untuk mengurangi risiko kesehatan yang mungkin dialami saat sedang hamil. Demikian sebagaimana dilansir dari laman Independent, Senin (21/8/2017).

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini