Image

Ingin Tubuh Langsing? Hindari Tidur Cuma 6 Jam Sehari

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017, 10:11 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 08 21 481 1759660 ingin tubuh langsing hindari tidur cuma 6 jam sehari W3YhAFui79.jpg Hindari tidur cuma 6 jam sehari (Foto: Google)

JANGAN sepelekan waktu tidur Anda yang cuma sebentar, enam jam sehari. Pasalnya, hal ini bisa membuat tubuh Anda semakin gemuk. Apa kaitannya?

Peneliti kembali menemukan dampak kurang tidur terhadap kesehatan. Tidur hanya enam jam dalam sehari bisa membuat lingkar pinggang bertambah tiga sentimeter. Akibatnya, risiko kegemukan pun mengintai.

Dilansir dari Mayo Clinic, tak hanya gemukan, kurang tidur juga membuat kadar kolesterol baik berkurang. Kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari gangguan sistem kardiovaskular.

Sayangnya penelitian ini tidak mengungkapkan, penyebab kegemukan pada kondisi kurang tidur tersebut. Namun para peneliti menilai, bahwa pola tidur yang tidak ideal memengaruhi komposisi hormonal. Sedangkan ghrelin atau hormon yang memicu nafsu makan, diproduksi lebih banyak dalam kondisi mengantuk.

Idealnya, setiap orang dewasa membutuhkan waktu tidur tujuh sampai sembilan jam dalam sehari. Dalam kondisi tertentu seperti sedang hamil atau kekurangan tidur pada hari sebelumnya, kebutuhan tidur otomatis akan meningkat. Demikian ditulis situs Sindonews.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini