Bingung Anda Kegemukan atau Tidak? Begini Cara Mudah Hitung Berat Badan Ideal

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 21 481 1759900 bingung-anda-kegemukan-atau-tidak-begini-cara-mudah-hitung-berat-badan-ideal-4f7yRR1GoT.jpg Ilustrasi (Foto: Techadvisor)

SETIAP orang tentunya tidak ingin terkena penyakit. Tapi kesehatan tidak bisa didapatkan begitu saja, ada cara yang harus dilakukan. Salah satunya adalah menjaga berat badan agar tetap ideal.

Kelebihan berat badan selalu dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit seperti diabetes, stroke, dan penyakit jantung. Sedangkan, memiliki tubuh yang terlalu kurus juga tidak baik karena bisa jadi metabolisme tubuhnya bermasalah. Berat badan ideal memudahkan individu untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

(Baca Juga: Viral! Bocah 10 Tahun Selamatkan Nyawa Ibunya yang Melahirkan Prematur)

Individu yang memiliki berat badan ideal kemungkinan terkena penyakit lebih kecil. Untuk mendapatkan berat badan ideal, Anda tentunya harus menjaga pola makan dan rajin berolahraga.

(Baca Juga: Mengerikan! Wanita Ini Sering Mengeluh Nyeri Haid, Ternyata Ada 50 Tumor di Rahimnya)

Tapi, sebelum Anda melakukannya, Anda harus menghitung berat badan ideal terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, hanya dengan menggunakan tinggi badan dan berat badan saat ini. Berikut rumus menghitung berat badan ideal;

1. Rumus Broca

Salah satu cara untuk menghitung berat badan ideal adalah menggunakan rumus Broca. Ukurlah tinggi badan Anda terlebih dahulu, kemudia masukkan ke dalam rumus; berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(10% x (tinggi badan (cm) – 100). Sebagai contoh, apabila tinggi badan Anda 165 cm, maka berat badan yang seharusnya Anda miliki adalah [165 – 100] – [10% x (165 – 100)]. Dari perhitungan itu didapatkan hasil 65 – 6,5 = 58,5. Itu berarti, berat badan ideal Anda adalah 58,5 kg.

(Baca Juga: Duh! Gara-Gara Lakukan Pose Yoga yang Salah, Wanita Hamil Alami Buta Sementara)

2. Indeks Massa Tubuh

Selain menggunakan rumus Brocha, berat badan ideal juga bisa didapatkan dengan cara mengukur indeks massa tubuh. Penghitungan indeks massa tubuh berdasarkan berat badan saat ini dan tinggi badan Anda. Caranya, berat badan (kg) dibagi tinggi badan (m) kuadrat. Bila hasil yang didapatkan kurang dari 18,5, maka tubuh Anda terlalu kurus. Sedangkan apabila hasilnya antara 18,5 – 25, maka Anda memiliki berat badan ideal. Jika hasilnya 25 – 30, artinya berat badan Anda berlebih atau kegemukan. Namun, bila hasilnya lebih dari 30, maka Anda terkena obesitas.

(Baca Juga: Cukup Olahraga HIIT, Kadar Gula Darah Jadi Stabil, Penderita Diabetes Tak Perlu Minum Obat?)

Sebagai contoh, jika tinggi badan Anda adalah 170 cm dan berat badan saat ini adalah 68 kg, maka perhitungannya adalah 68 : (1,7 x 1,7) atau 68 : 2,89. Hasil dari pembagian itu adalah 23,5 yang berarti dengan tinggi 170 cm dan berat badan 68 kg, berat badan Anda terbilang ideal.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini