Image

Waspadai Gejala Angin Duduk, Dada Terasa Sesak hingga Tubuh Terus Berkeringat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017, 16:24 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 08 21 481 1759977 waspadai gejala angin duduk dada terasa sesak hingga tubuh terus berkeringat hvsHd8a146.jpg Ilustrasi (Foto: Dailymail)

MASYARAKAT Indonesia banyak menggunakan istilah aneh sebagai diagnosis penyakitnya. Sebut saja masuk angin yang sebetulnya tidak ada di dalam kamus kedokteran.

Tidak hanya itu, angin duduk juga termasuk di dalamnya. Padahal penyakit tersebut merupakan gejala dari penyakit jantung. Bukan karena angin!

(Baca Juga: Ingin Punya Tubuh Ideal? Yuk Coba Diet ala Prancis, Biar seperti Supermodel!)

Anda harus mengetahui dengan jelas kenapa serangan angin duduk bisa terjadi. Kalau menurut beberapa orang, angin duduk timbul karena begadang atau karena kurangnya asupan makanan dan waktu istirahat yang molor jauh dari seharusnya. Padahal, yang sebetulnya terjadi adalah pembuluh arteri yang menyuplai darah ke jantung mengalami penyempitan atau otot jantungnya mengeras.

(Baca Juga: Bingung Anda Kegemukan atau Tidak? Begini Cara Mudah Hitung Berat Badan Ideal)

Mengutip dari Heart.org, masalah angin duduk atau dalam istilah medis disebut Angina adalah tanda peringatan penyakit jantung. Angina sendiri merupakan deteksi dini yang bisa dilakukan untuk mengetahui bahwa tubuh Anda aman akan penyakit jantung atau tidak.

(Baca Juga: Mengerikan! Wanita Ini Sering Mengeluh Nyeri Haid, Ternyata Ada 50 Tumor di Rahimnya)

Nyeri dada yang merupakan salah satu gejala dari angin duduk ternyata tidak bisa serta merta ditelan mentah-mentah. Sebab, semakin berkembangnya penyakit jantung, Anda juga mungkin mengalami sesak, tekanan dan ada rasa tidak nyaman di dada saat melakukan aktivitas fisik atau saat stres.

Namun, jika gejala tersebut hilang setelah Anda beristirahat atau mengontrol stres, tidak perlu khawatir akan masalah tersebut. kalau tidak hilang, Anda wajib konsultasi dengan dokter jantung Anda.

(Baca Juga: Viral! Bocah 10 Tahun Selamatkan Nyawa Ibunya yang Melahirkan Prematur)

Penyebab angin duduk antara perempuan dan laki-laki juga ternyata berbeda, lho. Angin duduk yang dirasakan pria biasanya terjadi karena penyumbatan di arteri koroner yang disebut sebagai penyakit arteri koroner obstruktif (CAD). Sedangkan, pada perempuan, penyebab terjadinya angin duduk terjadi penyempitan oksigen di ateri yang sangat kecil yang bercabangdari arteri koroner.

Gangguan tersebut biasanya disebut dengan penyakit mikrovaskular (MVD) yang mana dominan diderita perempuan muda. Berdasar data yang dimiliki, sekitar 50 persen dari perempuan muda tidak mengalami gejala angina yang menggangu kateterisasi jantung tipe CAD.

Yang masih menjadi masalah sekarang adalah banyak dari perempuan yang akhirnya mengabaikan rasa sakit di dadanya. Seperti yang dijelaskan Kardiolog dan Profesor Kardiologi dan Kesuburan Populasi di Northshore LIJ Health System di New York, Jennifer Mieres, M.D, perempuan itu padahal rentan terkena penyakit ini.

’’Perempuan harus sadar bahwa angin duduk cukup mengancam nyawanya. Mengenali dengan betul gejala Angina menjadi cara terbaik untuk meminimalisir keseriusan masalah tersebut,’’ ungkapnya.

Sementara itu, secara general, di laman Mayo Clinic dijelaskan gejala-gejala dari angin duduk tersebut. Berikut paparannya:

1. Dada terasa tidak nyaman

Gejala pertama yang muncul biasanya area dada terasa sesak dan seperti ada sensasi terbakar. Dada terasa tidak nyaman dan biasanya akan diikuti dengan kesulitan untuk bernapas.

2. Mual

Perut juga ikut terasa tidak enak. Rasa mual yang tidak tertahankan juga bisa membuat orang dengan angina atau angin duduk mengalami muntah secara terus menerus. Kondisi ini bila dibiarkan akan memperburuk kondisi kesehatan.

3. Kelelahan

Ketika tubuh terserang angin duduk, badan akan terus dilanda letih yang tidak kunjung usai. Tubuh pun terus mengeluarkan keringat meskipun cuaca sebenarnya tidak sedang panas.

4. Sakit menjalar

Bila rasa sakit menjalar dari dada menuju leher, tenggorokan hingga ke bagian lengan dan punggung, ini menjadi tanda yang bisa diartikan sebagai sinyal bahaya. Kemungkinan terkena angin menjadi lebih besar.

5. Pusing

Kepala terasa pusing juga merupakan gejala angin duduk yang harus diwaspadai. Jika menemui beberapa gejala yang telah disebutkan, sebaiknya segera cari pertolongan medis untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Berita Rekomendasi

Angin Duduk
Cari Berita Lain Di Sini