Saat Radang Sendi Menyerang, 5 Olahraga Ini Aman Dilakukan, Bahkan Kurangi Nyeri Sakit!

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 21 481 1760018 saat-radang-sendi-menyerang-5-olahraga-ini-aman-dilakukan-bahkan-kurangi-nyeri-sakit-mxC7xpnWeK.jpg Ilustrasi (Foto: Lifescript)

BAGI para penderita radang sendi atau rheumatoid arthritis, hal yang paling tidak nyaman tentunya saat rasa nyeri kambuh. Ketika rasa nyeri itu datang, rasanya bisa tidak tertahankan.

Maka dari itu, banyak penderita radang sendi yang membatasi aktivitas agar tidak terlalu banyak bergerak. Padahal, aktivitas fisik pada penderita radang sendi bisa membantu meredakan rasa sakit, kekakuan, dan pembengkakan di persendian.

(Baca Juga: Viral! Bocah 10 Tahun Selamatkan Nyawa Ibunya yang Melahirkan Prematur)

Tapi, bukan sembarang melakukan aktivitas fisik. Dilansir dari Reader’s Digest, Selasa (22/8/2017), inilah macam-macam aktivitas fisik yang bisa meringankan rasa nyeri;

1. Bermain air

Berenang dan kegiatan akuatik lainnya adalah aktivitas berbasis air yang bisa mengurangi rasa nyeri pada penderita radang sendi, terlebih bila dilakukan di kolam air hangat. Dengan temperatur yang lebih tinggi, penderita radang sendi bisa berfokus pada berbagai gerakan yang lambat, terkontrol, dan aman. Resistensi yang diberikan air juga bagus untuk membangun otot.

(Baca Juga: Mengerikan! Wanita Ini Sering Mengeluh Nyeri Haid, Ternyata Ada 50 Tumor di Rahimnya)

2. Tai Chi

Perubahan postur tubuh yang lamban dan terkendali melalui serangkaian gerakan tai chi bisa memberikan sedikit tekanan pada sendi utama seperti lutut dan pergelangan kaki. Gerakan lembut yang lebih mudah bisa membantu meningkatkan penyerapan cairan sinovial yang berfungsi sebagai pelumas di sendi. Bila rutin dilakukan, tai chi bisa menurunkan kelelahan dan nyeri pada sendi serta keseimbangan yang lebih baik.

(Baca Juga: Duh! Gara-Gara Lakukan Pose Yoga yang Salah, Wanita Hamil Alami Buta Sementara)

3. Yoga

Aktivitas ini mungkin sudah banyak dilakukan oleh penderita radang sendi karena membantu memperbaiki gejala fisik dan psikologis. Berlatih yoga secara teratur terbukti bisa mengurangi rasa sakit, memperbaiki fleksibilitas sendi, dan mengurangi stres serta ketegangan pikiran. Tak usah khawatir tidak bisa melakukan gerakan dengan baik karena sendi bermasalah. Sebab, gerakan yoga bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

(Baca Juga: Mengerikan! Wanita Ini Sering Mengeluh Nyeri Haid, Ternyata Ada 50 Tumor di Rahimnya)

4. Berjalan

Agar penderita arthritis tetap aktif bergerak, kegiatan mudah yang bisa dilakukan adalah berjalan tanpa menahan ketegangan pada persendian. Mereka bisa berjalan sesuai dengan kecepatan yang menurutnya nyaman. Bila sudah terbiasa, penderita arthritis bisa menambah tekanan pada sendi secara bertahap dengan cara melewati jalan menanjak atau menambah kecepatan.

(Baca Juga: Cukup Olahraga HIIT, Kadar Gula Darah Jadi Stabil, Penderita Diabetes Tak Perlu Minum Obat?)

5. Bersepeda

Aktivitas intensitas tinggi biasanya sulit dilakukan oleh penderita arthritis. Tapi mereka masih bisa bersepeda. Selain tidak memberi tekanan tambahan pada persendian karena kecepatan yang disesuaikan, bersepeda adalah latihan kardiovaskular yang bisa memompa jantung dan meringankan nyeri pada sendi. Penderita arthritis bisa bersepeda sekali seminggu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini