Share

WAJIB TAHU, Dosis Tepat Memberikan MPASI Selama Periode Emas Anak

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017 17:50 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 21 481 1760089 wajib-tahu-dosis-tepat-memberikan-mpasi-selama-periode-emas-anak-CD2ZovRlbc.jpg (Foto: Shuttercock)

KUALITAS kesehatan manusia jangka pendek dan jangka panjang ditentukan oleh asupan nutrisi selama periode emas, yaitu 70 hari pralahir—masa janin—dan 720 hari pascalahir (masa bayi dan dib awah dua tahun).

Hal ini ditegaskan oleh Dr dr Damayanti R Sjarif SpA(K), dokter spesialis anak sub-spesialisasi nutrisi dan penyakit metabolik, dalam acara “Solusi untuk Menjawab Kebutuhan Nutrisi Anak”.

Karena itu, pada masa krusial ini seharusnya orang tua memberikan nutrisi yang benar sesuai kebutuhan bayi dan anak. “Asupan terbaik bagi bayi di usia 0 hingga 6 bulan adalah ASI, menginjak umur enam bulan ke atas bayi sudah MPASI,” ujarnya.

(Baca Juga: MPASI Berbagai Negara di Dunia, Bisa Jadi Referensi Bunda Loh!)

Banyak terjadi kesalahpahaman di antara para orang tua tentang pengenalan sayur dan buah yang lebih diutamakan, dibandingkan melengkapi kekurangan air susu ibu terhadap energi, protein, lemak serta vitamin dan mineral yang paling dibutuhkan oleh tumbuh-kembang anak, terutama otak di usia ini. Yaitu zat gizi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan mikro (vitamin dan mineral) yang lengkap, cukup dan seimbang.

“Prinsip MPASI adalah mengenalkan makanan keluarga dengan tekstur yang disesuaikan kemampuan oromotornya. Jadi perkenalkan makanan Indonesia yang sehat sesuai dengan ketersediaan bahan makanan lokal,” saran dr. Damayanti.

(Baca Juga: 4 Tanda Si Kecil Siap dengan Makanan Pertamanya)

Lebih lanjut dr Damayanti juga menyinggung pentingnya zat besi. Kebutuhan harian zat besi untuk bayi berusia 6-12 bulan adalah 11 miligram dan itu tidak cukup didapatkan melalui ASI. Oleh sebab itu, kebutuhan zat besi harus dipenuhi oleh makanan pendamping air susu ibu (MPASI).

Sumber zat besi dapat diperoleh dari daging merah, hati ayam, ikan, sayuran berwarna hijau, dan kacang-kacangan. Namun, sayur dan kacang-kacangan mengandung serat yang dapat menghambat saluran cerna sehingga sebaiknya diberikan dengan jumlah kecil, dikombinasikan dengan sumber vitamin C, seperti jeruk dan tomat yang akan meningkatkan penyerapan zat besi.

(Baca Juga: Moms, Ini Jenis MPASI Bergizi Selain Nasi)

(Baca Juga: Moms, Ini Jenis MPASI Bergizi Selain Nasi)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini