Share

Detik-Detik Nafa Urbach Syok Anaknya Dirayu Pedofil, Sekarang Fight Tumpas Kejahatan Seksual lewat Pendidikan Seks

Vessy Frizona, Okezone · Selasa 22 Agustus 2017 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 196 1760585 detik-detik-nafa-urbach-syok-anaknya-dirayu-pedofil-sekarang-fight-tumpas-kejahatan-seksual-lewat-pendidikan-seks-AJRuWOcyu9.jpg Ilustrasi (Foto: Mamamia)

MASA depan seorang anak terancam hancur jika menjadi korban kekerasan seksual. Mereka bisa tumbuh menjadi pelaku kejahatan seks juga atau memiliki perilaku seks menyimpang, seperti hubungan sesama jenis atau menjadi pedofil.

Artis Nafa Urbach cukup beruntung mengetahui lebih awal sebelum anaknya menjadi korban kejahatan seksual. Pasalnya, sang putri secara nyata terlihat menjadi target perbuatan keji para pedofilia.

Bermula dari sebuah postingan di media sosial. Putri Nafa yang pandai menyanyi ini diberitakan di salah satu media. Tak ada yang salah dari berita tersebut, bahkan beritanya lucu dan sangat postif karena membahas bakat sang anak. Namun, ketika teman-temannya banyak mengirim link berita tersebut ia mulai bingung.

Setelah ditelusuri lebih jauh ternyata di kolom komentar berita tersebut banyak orang yang memanggil anaknya dengan sebutan 'Loli' dan ingin menculik. Penasaran dengan arti kata Loli kemudian Nafa mulai mencari tahu. Dan, betapa terkejutnya ia bahwa arti Loli adalah panggilan dari orang dewasa 'penyuka' anak-anak kepada anak yang akan dijadikan sasaran nafsu seksual. Ia pun tak terima.

Baca Juga: 'Loli', Istilah Pedofil Gaya Baru, Warning Keras untuk Orangtua!

Setelah mengetahui, istri dari Zack Lee ini berang. Ia meluapkan kemarahan di Instagram dan langsung melapor ke polisi. Dengan inisiatif sendiri Nafa meminta masyarakat yang mengalami masib sama melaporkan kejadian tersebut kepada dirinya dan polisi.

"Ternyata yang mengalami ini banyak. Saya mendapat laporan via DM (direct message) tentang kasus anak diperkosa, dicabuli, dan berbagai jenis kekerasan seksual oleh orang dewasa dari para orangtua. Jumlahnya 600-an. Saya yakin yakin di luar sana lebih banyak lagi," beber Nafa belum lama ini di Kantor KPPPA, Jakarta.

Ia makin terkejut setelah menemui pihak KPPPA, sebab berdasarkan data resmi yang dicatat di KPPPA jumlahnya 900 lebih. Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pribudiarta Nur Sitepu menyatakan berterima kasih kepada Nafa Urbach yang berani melapor. Menurutnya kesadaran seperti ini harus dilakukan seluruh masyarakat.

"Jangan diam saja karena malu apabila anak menjadi korban kekerasan seksual," katanya.

Mengetahui jumlah yang sangat besar, Nafa merasa terpanggil untuk memberi pendidikan seks kepada anak agar dapat membentengi diri dari kejahatan seksual orang dewasa dengan modus rayuan atau iming-iming kasih sayang. Ibu satu anak ini ingin anak-anak mengerti tentang hubungan seks itu kapan dan dengan siapa boleh dilakukan.

Baca Juga: Apa Sebenarnya Makna 'Loli', yang Bikin Nafa Urbach Ngamuk: "Dimana Rumah Kamu?"

"Saya terpanggil untuk memberi pendidikan seks dan ternyata KPPPA sudah punya rencana program tersebut sejak lama. Jadi mungkin kami akan segera mulai. Saya mau datang ke sekolah-sekolah untuk memberi pendidikan seks kepada anak-anak," tambahnya.

Pendidikan seks sendiri bisa dimulai sejak anak mulai mengenal bagian tubuhnya. Orangtua bisa menjelaskan dari hal paling sederhana tentang fungsi bagian tubuh lalu berkembang ke seluruh organ tubuh mengikuti usia anak.

"Mengenai pendidikan seksual secara dini bisa disampaikan kepada guru-guru juga di sekolah. Kementerian sudah punya ide dari dulu tapi belum terlaksana. Edukasi akan dimulai dengan membuat list apa yg harus diajarkan sesuai usia," terang Pribudiarta.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini