nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AWAS, 5 Jenis Ikan Ini Berbahaya jika Dikonsumsi Bisa Sebabkan Kebutaan hingga Kematian

Tentry Yudvi, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 13:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 22 298 1760604 awas-5-jenis-ikan-ini-berbahaya-jika-dikonsumi-bisa-sebabkan-kebutaan-hingga-kematian-2rr5esYY0v.jpg Jenis ikan yang berbahaya dikonsumsi (Foto:Thestatesman)

IKAN adalah menu yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Lembutnya daging ketika disantap begitu membuat pencinta kuliner sangat tergoda. Namun, rupanya tidak semua jenis ikan bisa dikonsumi lho.

Ikan memang baik untuk menambah protein karena kandungan Omega-3 berguna untuk tubuh, hanya saja ada beberapa jenis ikan yang tidak layak dikonsumsi. Jika, Anda berani untuk mengonsumsinya, Anda bisa terkena penyakit bahkan menyebabkan kematian. Pastinya ini tidak mau terjadi kan?

Selain itu, jika jenis ikan tersebut tidak dimasak dan dibunuh dengan baik, selain rasanya kurang enak, hasilnya juga sangat buruk bagi kesehatan. Penasaran seperti apa? berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari Asiaone, Selasa (22/8/2017).

BACA JUGA:

Meski Kalah Pamor, Lahan Kopi Terluas di Indonesia Ternyata Ada di Sumatera Selatan

Bukan Roti, Burger di Kafe Jepang Ini Malah Diapit Keju Gurih! Penasaran dengan Rasanya?

Orange Roughy

 

Ikan ini mudah dikenali dengan tubuhnya yang berwarna oranye dan mereka bisa hidup hingga usia 150 tahun. Biasanya ikan bisa ditemukan di air yang sangat dalam. Dagingnya memang lezat hanya saja kandungan merkuri berbahaya banyak ditemukan di dagingnya. Ikan ini juga tidak kaya dengan omega-3 jadi lebih baik tidak usah dikonsumsi.

Ikan biru

Ikan ini mengandung bahan berbahaya yang sangat beracun, termasuk pestisida dan merkuri. Hal ini juga dapat menjadi inferior dan beracun dari badai run-off, bahan kimia pertanian dan limbah industri. Selain itu, ikan biru diketahui mengonsumsi toksin alami dari beberapa jenis bakteri dan alga dan beberapa jenis kontaminasi lainnya. Ini benar-benar tidak aman untuk dikonsumsi.

Belut Amerika

Jenis ikan ini memiliki kandungan berbahaya yang sangat tinggi dari merkuri. Kandungan merkuri bisa merusak sistem perkembangan otak untuk anak kecil. Meskipun rasanya nikmat namun ikan ini juga terkontaminasi dengan polusi air .

Ikan kod

 

Ikan ini umumnya banyak ditemukan di perairan Alaska dan California. Selama ini ikan tersebut paling banyak dikonsumsi terutama hatinya yang digunakan sebagai minyak ikan. Namun, rupanya ikan ini mengandung merkuri dan menjadi hewan langka. Sehingga Anda wajib berhati-hati dan ikut melestarikan keberadaannya.

BACA JUGA:

Dari Rasa Gandum hingga Kulit Kayu, 7 Minuman Soda yang Punya Rasa Paling Aneh di Dunia

Selai Ragi hingga Larva Kayu, 4 Makanan Paling Aneh dari Australia

Ikan hiu

Ikan hiu banyak mengonsumi ikan - ikan kecil yang membuat kandungan merkuri banyak ditemukan di dalam tubuh mereka. Tingginya level merkuri bisa sangat berbahaya ketika dikonsumsi. Bahkan jika memakannya secara regular, Anda bisa terkena kebutaan, hilang keseimbangan, bahkan kematian.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini