FOOD PARTY: Beda Daerah Beda Juga Sajian Sayur Asemnya, Mulai dari Sunda hingga Aceh Kenali Ragamnya

Tentry Yudvi, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 298 1760959 food-party-beda-daerah-beda-juga-sajian-sayur-asemnya-mulai-dari-sunda-hingga-aceh-kenali-ragamnya-KP1zoxnLIi.jpg Sayur asem (Foto:Wikipedia)

SAYUR asam merupakan menu khas Indonesia yang menjadi favorit semua kalangan. Rasa pedas, manis dan gurih dengan topping sayur mayur menjadi ciri khas dari sajian ini.

Namun, berdasarkan data yang sudah dihimpun Okezone, sayur asem ini merupakan salah satu peninggalan nenek moyang ketika masa penjajahan Belanda. Saat itu, orang pribumi serba keterbatasan karena rempah dikuras habis oleh penjajah.

BACA JUGA:

6 Restoran di Jepang dengan Pelayan Berkostum Unik, Mulai dari Seragam Maid Anime, Vampire Sampai Dokter

Kabar Gembira untuk Penyuka Cokelat! Kini Bisa Lakukan Perawatan Kulit dengan Cokelat Hershey

Untuk itu, mereka kemudian membuat masakan dengan modal asam jawa, dan cabai. Kemudian sayur mayur seperti kacang panjang, kacang tanah, melinjo, cabai hijau, dan jagung manis.

Berawal dari kisah ini, hingga sekarang sayur asem pun dimiliki berbagai daerah sebagai menu utama di rumah. Rasa sayur asem setiap daerah pun berbeda-beda. Penasaran seperti apa? berikut ulasannya sebagaimana yang telah dirangkum Okezone.

 

Sayur asem betawi

Sayur asem Betawi ini menghadirkan menu sajian yang lengkap dengan sayurannya. Di dalamnya ada kacang tanah yang masih terbungkus kulit, melinjo, jagung manis, labu siam, buncis, dan wortel. Kuahnya pun bening.

Sayur asem sunda

 

Bedanya dengan sayur asem betawi, sayur asem sunda ini menghadirkan lebih sedikit isinya. Dalam satu menu hanya terdiri dari kacang tanah, melinjo, jagung manis dan labu siam. Kuahnya sangat bening.

Sayur asem jawa

Di Jawa sayur asemnya sungguh berbeda dengan kuah berwarna merah karena adanya kemiri, terasi, cabai rawit, dan cabai merah. Sedangkan untuk isinya mereka hanya memasukan labu, melinjo, jagung manis, dan kacang tanah.

BACA JUGA:

FOOD STORY: Sayur Asem Betawi, Lahir Sejak Zaman Penjajahan Belanda di Batavia

5 Tips Cerdas agar Anak Tidak Rewel saat Makan di Restoran

Sayur asem aceh

 

Di Aceh, sayur asem dikenal dengan sebutan sayur asem Sunti. Sayur asem di daerah ini sangat berbeda isinya dibandingkan dengan sayur asem daerah lainnya seperti ada ubi jalar, belimbing wuluh, kacang panjang, dan berkuah santan.

Sayur asem kalimantan

Di Kalimantan sayur asem dihadirkan dengan cara berbeda, berhubung sumber kekayaan ikan. Maka jangan heran jika Anda sering menemukan beragam ikan laut di sayur asem. Kuahnya pun terlihat lebih merah karena cabai yang digunakan. Sementara kacang tanah, melinjo, jagung dan buncis juga menjadi kreasi sayur asemnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini