nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Parade Kuda Renggong dan Domba Adu Ikut Meriahkan Karnaval Kemerdekaan di Bandung

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 17:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 22 406 1760742 parade-kuda-renggong-dan-domba-adu-ikut-meriahkan-karnaval-kemerdekaan-di-bandung-TdzM0W7Hiz.jpg Karnaval Kemerdekaan 2017 (Foto: Tami/Okezone)

KARNAVAL yang diselenggarakan ketiga kalinya untuk memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia akan digelar di Bandung. Kali ini, acara digelar dengan tajuk "Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017".

Karnaval akan dilakukan pada Sabtu, 26 Agustus 2017 dengan garis start di Gedung Sate dan berakhir di garis finish Balai Kota Bandung. Acara ini dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB, karnaval kemerdekaan ini menampilkan beragam ekspresi budaya dari Nusantara.

(Baca Juga: SHARE LOC: Cari Destinasi Liburan yang Tak Biasa di Bali? Coba Kunjungi 3 Lokasi Ini)

(Baca Juga: 3 Spot Foto Instagenic di Bantul yang Lagi Hits)

Merujuk pada dua festival sebelumnya, yakni Karnaval Khatulistiwa di Pontianak dan Danau Toba, Arief Yahya berharap Karnaval Kemerdekaan ini akan lebih meriah. Terutama dari para peserta dan penontonnya sendiri.

"Saya harapkan di Bandung selain pesertanya keren, masyarakatnya keren. Masyarakat ikut berbusana Nusantara, sehinggaa menjiwai dan merasa memiliki Karnaval Kemerdekaan yang mengangkat Pesona Parahyangan," ujar Arief Yahya dalam konferensi pers di Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (22/8/2017). 

Dalam Karnaval Kemerdekaan ini, bukan hanya budaya Sunda saja yang ditampilkan. Tetapi juga beragam ekspresi budaya dari tanah Jawa lainnya, yakni Jember Fashion Carnaval dan Solo Batik Carnival. Ketua Tim Kurator Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017, Aat Suratin menjelaskan, karnaval ini juga akan menampilkan tren yang disukai anak muda seperti cosplay.

"Agar menjadi karnaval yang hangat, akrab, komunikatif dan kesannya berbagi kegembiraan. Harus aktif merangkul semua kalangan. Jadi tradisional, modern, dan kontemprorer akan tergambarkan pada karnaval ini," ujar Aat.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Kota akan segera mengebut persiapan pada rute-rute yang telah dipilih. Ia juga berupaya menyosialisasikan kepada masyarakat agar datang mengenakan pakaian tradisional Sunda.

(Baca Juga: 4 Padang Pasir di Indonesia yang Mirip Gurun Sahara)

(Baca Juga: Bogor Punya Spot Foto Ekstrem di Tepi Jurang dengan Pemandangan Alam nan Elok)

"Kami akan bersolek mulai besok di rute terpilih. Saya juga akan kerahkan warga Bandung dengan pakaian tradisi lokal Sundanya," jelasnya. 

Uniknya, para peserta tidak hanya dari kalangan manusia saja. Ridwan Kamil dan Aat mengatakan, karnaval kemerdekaan ini akan menampilkan hal yang belum pernah ditampilkan dalam festival lainnya, sehingga menambah daya tarik untuk para wisatawan. Seperti menampilkan parade kuda dan domba dari Jawa Barat. 

"Ada kuda renggong dari Sumedang, itu kuda yang bisa menari. Kalau dengar musik dia menari, jadi artisnya kuda, ada enam," jelas Aat.

Selain kuda renggong, ada pula barisan kuda kavaleri yang akan membuat parade terlihat lebih kontras. Sementara domba yang akan diikutsertakan adalah domba Garut yang terkenal sebagai domba adunya. Sekira 100 domba Garut akan dihias dan menggunakan kostum selama diarak dari Gedung Sate menuju Balai Kota Bandung. 

Dalam Karnaval Kemerdekaan ini, Presiden Joko Widodo juga akan hadir dengan menaiki Kereta Pancasila. Kereta Pancasila ini merupakan mobil hias yang dirancang oleh lima seniman asal Bandung dengan diketuai Tisna Sanjaya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini