Human Flag, Latihan Kekuatan yang Lagi Tren, Berani Coba?

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 481 1760410 human-flag-latihan-kekuatan-yang-lagi-tren-berani-coba-4I7vA4XTlI.jpg Olahraga human flag (Foto: Nationalpost)

MOTIVASI setiap orang untuk berolahraga tentunya berbeda-beda. Ada yang berolahraga karena ingin menurunkan berat badan, ingin mengecilkan anggota tubuh tertentu, atau membentuk otot. Apapun motivasinya, berolahraga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

(Baca Juga: Ternyata, Ini Alasan Pria Tidak Dianjurkan Kencing Sambil Berdiri! Duduk Lebih Bermanfaat)

Salah satu olahraga untuk membentuk otot adalah latihan kekuatan. Latihan kekuatan beragam jenisnya antara lain pull up dan angkat beban. Baru-baru ini, muncul trend baru latihan kekuatan di kalangan pecinta olahraga yaitu human flag.

(Baca Juga: Walau Rasanya Pahit, Makan Pare Mentah Bisa Cegah Gula Darah Naik!)

Dilansir dari National Post, Selasa (22/8/2017), human flag adalah gerakan latihan yang membuat tubuh sejajar dengan tanah dan bertumpu pada tiang. Jadi seolah-olah tubuh adalah bendera yang dikibarkan di tiang. Teknik latihan kekuatan ini terbilang cukup sulit karena menggabungkan dua kekuatan yaitu kekuatan tangan dan kekuatan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

(Baca Juga: Duh! Gara-Gara Lakukan Pose Yoga yang Salah, Wanita Hamil Alami Buta Sementara)

Bila Anda ingin mencoba latihan ini, mulailah dengan menentukan tiang mana yanh hendak digunakan. Kemudian gunakan lengan Anda yang berpegangan pada tiang untuk menarik kaki sedikit dari tanah. Saat melakukan gerakan menarik ini, pastikan posisi tubuh tidak terlalu jauh dari tanah. Setelah kaki berhasil terangkat, masuklah ke versi kaki terselip kemudian straddle. Dengan tahapan ini, Anda bisa membentuk posisi tubuh seperti bendera.

(Baca Juga: Viral! Bocah 10 Tahun Selamatkan Nyawa Ibunya yang Melahirkan Prematur)

Tapi ingat, tidak sembarang orang bisa melakukan gerakan ini. Orang-orang yang berlatih human flag biasanya sudah terlatih atau sangat terlatih sehingga terbiasa dengan gerakan yang mengandalkan kekuatan otot tangan. Karena terbilang cukup sulit, banyak orang yang suka mengunggah foto atau video di media sosial ketika mereka berhasil melakukan gerakan human flag.

(Foto: Instagram)

Taman bermain menjadi salah satu tempat favorit untuk melakukan gerakan human flag. Sebab biasanya di sana terdapat banyak tiang dan cenderung aman.

(Foto: Instagram)

Sambil berjalan, Anda bisa juga melakukan human flag di tiang yang ada di pinggir jalan.

Boleh dicoba nih. Sambil menunggu kereta, latihan human flag di tiang atau pagar yang ada di peron.

(Foto: Instagram)

(Foto: Instagram)

Latihan kekuatan biasanya identik dilakukan oleh kaum pria. Tapi jangan salah, wanita juga bisa melakukan gerakan human flag.

(Foto: Instagram)

Bukan hanya di tiang, gerakan human flag juga bisa dilakukan di bebatuan yang ada di tebing pantai. Tapi ingat, faktor keselamatan tetap harus diutamakan. Pilihlah batu yang posisinya tidak terlalu menonjol sehingga ketika tubuh di angkat, kepala tidak membentur batu. Selain itu, pilih permukaan pantai yang cukup dangkal sehingga jika tangan sudah tidak kuat menopang tubuh, Anda tidak akan tenggelam.