Image

6 Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong, Menurunkan Kolesterol hingga Melangsingkan Tubuh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017, 09:21 WIB
https img z.okeinfo.net content 2017 08 22 481 1760420 6 manfaat minum air putih saat perut kosong menurunkan kolesterol hingga melangsingkan tubuh KkUyiq9Tt1.jpg Ilustrasi (Foto: Medicaldaily)

BANGUN tidur adalah momen pertama untuk Anda mengonsumsi air putih. Perut yang masih kosong dianggap waktu yang cukup tepat untuk menerima asupan air putih.

Mengonsumsi air putih saat perut kosong, dilansir dari Track My Stack, memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut 6 (enam) manfaat dari air putih bagi tubuh.

1. Mengganti elektrolit

Bangun tidur tubuh membutuhkan cairan tubuh yang tepat. Air putih dianggap paling aman untuk diterima tubuh. Dengan mengonsumsi air putih, Anda bisa membantu mengisi kembali air yang hilang dan menjaga keseimbangan elektrolit yang hilang saat tidur.

(Baca Juga: Human Flag, Latihan Kekuatan yang Lagi Tren, Berani Coba?)

2. Menurunkan berat badan

Karena air putih tidak mengandung kalori dan bebas lemak, Anda tidak perlu khawatir tentang bertambahnya berat badan. Tidak seperti minuman lain seperti soda, jus, dan banyak lainnya, air mineral tidak meningkatkan pertambahan berat badan. Saat perut kosong, air putih ini pun berfungsi baik untuk membantu metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

(Baca Juga: Ternyata, Ini Alasan Pria Tidak Dianjurkan Kencing Sambil Berdiri! Duduk Lebih Bermanfaat)

3. Kalsium yang baik untuk tulang

Air putih mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup. Oleh karena itu, orang yang menderita intoleransi laktosa mungkin mendapat manfaat yang baik dari minum air putih karena kandungan kalsiumnya. Makanya, disarankan untuk sebelum dan sesudah menonsumsi susu Anda meminum air putih.

(Baca Juga: Walau Rasanya Pahit, Makan Pare Mentah Bisa Cegah Gula Darah Naik!)

Kemudian, manfaat lainnya, setelah menopause, perempuan berisiko tinggi kehilangan kalsium dalam tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis. Padahal, minum air mineral secara teratur bisa membantu menjaga kepadatan tulang secara alami.

4. Menurunkan kolesterol

Mempertahankan kadar kolesterol normal di tubuh Anda mengarah pada fungsi kardiovaskular yang tepat, sehingga mencegah Anda mengembangkan berbagai jenis penyakit jantung. Saat mengkonsumsi air putih, Low Density Lipoprotein atau LDL, bisa dikurangi. LDL ini adalah kolesterol "jahat" dan merupakan salah satu faktor risiko terbesar untuk mengembangkan penyakit jantung.

(Baca Juga: Duh! Gara-Gara Lakukan Pose Yoga yang Salah, Wanita Hamil Alami Buta Sementara)

Apalagi kandungan potassium dan magnesium dalam air putih membantu fungsi jantung. Maka dari itu, sangat disarankan untuk selalu minum air putih di pagi hari, di mana perut masih kosong.

5. Menjaga kinerja otot

Kandungan magnesium di air mineral memiliki peran penting dalam berfungsinya otot-otot Anda. Magnesium bekerja dengan memfasilitasi relaksasi dan kontraksi otot. Dengan meminum air putih secara benar, nyeri di tubuh dapat sedikit teratasi.

6. Hidrasi kulit

Minum air putih secara teratur bisa membantu menghidrasi kulit Anda. Saat bangun tidur, kulit biasanya menjadi lebih kering. Sebab, selama 6 sampai 7 jam, tubuh tidak mendapatkan mineral yang cukup.

Nah, minum air putih bisa jadi jawabannya. Sebab, air putih mengandung silika, yang mana bisa memperkuat sel spongy yang ditemukan antara serat elastin dan kolagen. Air putih juga dipercaya bisa memperlambat pembentukan keriput.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini