nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Duduk Lama Bikin Pantat Lebar? Begini Kajian Ilmiahnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 11:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 22 481 1760486 benarkah-duduk-lama-bikin-pantat-lebar-begini-kajian-ilmiahnya-uQV7Ha4PJj.jpg (Foto: Boldsky)

PADA mereka yang mengalami obesitas, kondisi tubuhnya tentu lebih besar dibanding manusia pada umumnya. Jika lebih teliti, mereka yang obesitas memiliki lipatan perut dan bagian bokong yang besar. Kondisi alamiah kah atau proses kebiasaan?

Dijelaskan dalam studi baru-baru ini, lemak yang mengumpul di bagian tengah badan dan bokong salah satu faktornya adalah gaya hidup. Kebiasaan yang buruk tersebut meliputi duduk terlalu lama. Periset menjelaskan fakta tersebut seperti dikutip dari laman Boldsky, Selasa (22/8/2017).

Masyarakat milenial sekarang banyak yang memiliki kebiasaan buruk ini. Duduk terlalu lama dipercaya menjadi sumber masalah tulang belakang. Pakar tulang belakang menjelaskan satu jam adalah waktu maksimal tubuh duduk. Jadi, setelah satu jam, sebisa mungkin untuk bangkit dan bergerak. Sebab, bukan masalah tulang belakang saja, mereka yang memiliki bakat tubuh besar, duduk terlalu lama juga membuat bokong Anda membesar!

(Baca Juga: Bahaya Duduk Terlalu Lama saat Macet dan Tips Mengatasinya)

Menurut peneliti, tekanan di bagian bawah karena terlalu lama duduk dapat mengakibatkan akumulasi lemak lebih banyak di daerah bokong dan bagian tengah tubuh. Kemudian, peneliti menjelaskan sel-sel pra-adiposit dalam tubuh dapat berubah menjadi sel lemak. Perubahan itu membuat pengumpulan lemak di bagian yang mendapat tekanan terlalu sering.

Sementara itu, periset memperingatkan bahwa olahraga mungkin tidak dapat menyelamatkan kondisi tersebut. Salah satu faktornya adalah jika Anda tidak bisa mengubah kebiasaan duduk terlalu lama tersebut. Fakta tersebut juga menjadi acuan mengenai mengapa orang yang menjalani gaya hidup tidak berpindah-pindah cenderung memiliki lemak lebih banyak di bagian tengah dan di bagian bokongnya.

(Baca Juga: Duduk Lebih dari 1 Jam, Waspada Saraf Kejepit di Tulang Belakang!)

Studi ini juga memperingatkan Anda akan bahaya terlalu banyak duduk. Cobalah bangun dari kursi dan berjalan-jalan setiap 1 jam duduk. Fungsinya sangat penting, salah satunya agar sel tubuh kembali aktif. Bahaya kesehatan pun bisa diminimalisir.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini