nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Ini Faktor-Faktor yang Menyebabkan Stroke Kambuh, Dampaknya Lebih Mematikan!

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 15:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 22 481 1760706 awas-ini-faktor-faktor-yang-menyebabkan-stroke-kambuh-dampaknya-lebih-mematikan-0o8jV7NA96.jpg Ilustrasi (Foto: Sharecare)

STROKE menyebabkan banyak kematian di kalangan masyarakat. Meski sudah menjalani berbagai terapi, penyakit ini tetap saja bisa kambuh.

Serangan stroke menjadi pembunuh nomor tiga di dunia, setelah kanker dan serangan jantung. Banyak masyarakat yang belum peduli pentingnya penyembuhan penyakit ini.

(Baca Juga: Human Flag, Latihan Kekuatan yang Lagi Tren, Berani Coba?)

Beberapa pasien sering kali mengeluh kambuh, apalagi saat usianya tidak produktif lagi. Banyak faktor yang mempengaruhinya, tetapi ada yang bisa dikendalikan.

(Baca Juga: Ternyata, Ini Alasan Pria Tidak Dianjurkan Kencing Sambil Berdiri! Duduk Lebih Bermanfaat)

Spesialis Bedah Saraf dr Roslan Yusni Hasan SpBS dari RS Bethsaida Serpong menjelaskan, ada beragam faktor yang membuat pasien mengalami kekambuhan saat menderita penyakit stroke. Awalnya ditandai dengan gejala ringan yang tak disadari.

"Stroke paling banyak kambuh karena diabetes mellitus. Faktor ini bisa dikendalikan dengan minum obat yang memperbaiki insulin. Tapi kok ya orang alasannya banyak tidak mau minum obat, katanya takut ketergantungan. Salah besar ini," ujar dr Roslan di sela Media Gathering RS Bethsaida di kawasan Gading Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (22/8/2017).

(Baca Juga: Walau Rasanya Pahit, Makan Pare Mentah Bisa Cegah Gula Darah Naik!)

Lebih lanjut, dr Roslan juga mengungkapkan banyak faktor yang tak bisa dikendalikan pada pasien stroke. Apa saja itu?

- Pembuluh darah pasien stroke sudah tidak berfungsi dengan baik, sehingga jadi mudah pecah. Ini biasanya terjadi pada pasien yang pernah mengalami terapi, tetapi tidak bisa menjaga gaya hidup sehat dengan baik.

(Baca Juga: Duh! Gara-Gara Lakukan Pose Yoga yang Salah, Wanita Hamil Alami Buta Sementara)

- Ada gangguan jantung atau irama jantung yang diderita pasien stroke. Pembuluh darah secara keseluruhan juga jadi terganggu tanpa disadari.

- Pasien stroke mengalami kekentalan darah akibat tingginya kolesterol. Hal ini tidak bisa dikendalikan, bila Anda tak mengontrol pola makan.

- Obesitas juga memicu kambuhnya stroke. Sayangnya hampir 84% penduduk Indonesia mengalami masalah ini yang harus diberantas faktornya.

- Stres juga menyebabkan gangguan pada pembuluh darah, sehingga penyakit stroke bisa kambuh. Kelola stres dengan baik supaya Anda bisa sembuh total dari penyakit mematikan ini.

- Jarang olahraga juga memicu kambuhnya penyakit stroke. Karena itu, Anda harus menjalani gaya hidup sehat, termasuk tidak lupa olahraga. Tapi yang perlu diingat, olahraga yang harus dilakukan secara rutin bukanlah bersifat kompetisi. Anda harus melakukan olahraga yang sifatnya menyehatkan tubuh, seperti lari pagi, jalan kaki, bersepeda dan berenang.

- Ada beberapa pasien stroke yang mengeluh sulit untuk berhenti merokok. Padahal kebiasaan buruk ini memicu terjadinya kambuhnya pasien stroke. Anda harus cegah sejak dini agar kesehatan tetap terkontrol dengan baik.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini