Iritasi Mata Akibat Penggunaan Lensa Kontak? Jangan Sembarangan, Begini Cara Mudah dan Aman Mengatasinya

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 481 1761016 iritasi-mata-akibat-penggunaan-lensa-kontak-jangan-sembarangan-begini-cara-mudah-dan-aman-mengatasinya-7UGWAzjEm0.jpg Ilustrasi (Foto: Clevelandclinic)

BANYAK orang yang kini telah beralih menggunakan lensa kontak dibandingkan kaca mata. Hal itu dikarenakan penggunaan lensa kontak lebih simpel. Sayangnya, banyak orang yang menyepelekan penggunaan lensa kontak, sehingga terkesan lalai memerhatikan kesehatan matanya. Padahal, lensa kontak bisa meningkatkan risiko infeksi mata.

(Baca Juga: Human Flag, Latihan Kekuatan yang Lagi Tren, Berani Coba?)

Kurangnya perawatan terhadap penggunaan lensa kontak bisa mengiritasi kornea mata. Bila dibiarkan terus menerus, bukan hanya iritasi yang terjadi tetapi juga membuat mata kering. Iritasi bisa membuat mata menjadi merah, gatal, mengeluarkan cairan lengket atau ropy, dan bisa juga membuat mata menjadi belekan. Jika tidak diobati, iritasi ini bisa menyebabkan gangguan penglihatan atau kebutaan.

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (23/8/2017), inilah cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata yang iritasi karena penggunaan lensa kontak;

1. Gunakan obat tetes mata

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ketika mata iritasi karena lensa kontak adalah mencopot lensa kontak itu dan meneteskan obat alergi ke mata. Pastikan tangan Anda sudah tercuci bersih sebelum meneteskan obat.

(Baca Juga: Ternyata, Ini Alasan Pria Tidak Dianjurkan Kencing Sambil Berdiri! Duduk Lebih Bermanfaat)

2. Hentikan pemakaian lensa kontak

Saat terjadi iritasi, Anda bisa berhenti menggunakan lensa kontak untuk sementara waktu dan beralih ke kacamata. Anda bisa kembali menggunakan lensa kontak bila tanda iritasi seperti mata merah sudah tidak ada lagi.

(Baca Juga: Walau Rasanya Pahit, Makan Pare Mentah Bisa Cegah Gula Darah Naik!)

3. Kompres

Iritasi pada mata biasanya bukan hanya menimbulkan warna merah, tapi juga rasa gatal. Anda tidak dianjurkan untuk mengucek mata agar rasa gatal itu hilang. Sebab hal itu akan membuat mata bertambah merah. Untuk menghilangkan rasa gatal, Anda bisa mengompres mata menggunakan air dingin, air hangat, mentimun, atau kentang.

4. Periksa ke dokter

Apabila mata merah dan rasa gatal tak kunjung hilang padahal sudah menggunakan obat tetes dan kompres mata, Anda disarankan untuk segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

(Baca Juga: Duh! Gara-Gara Lakukan Pose Yoga yang Salah, Wanita Hamil Alami Buta Sementara)

5. Ganti lensa kontak

Jika mata Anda menjadi lebih sering iritasi setelah mendapatkan perawatan dan menggunakan lensa kontak kembali, bisa jadi ada yang salah dengan lensa kontak Anda. Kemungkinan lensa kontak Anda tercemar bakteri. Cara terbaik agar mata tidak kembali iritasi adalah membeli lensa kontak baru.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini