Jangan Abaikan 7 Gejala Penyakit Tiroid Berbahaya, Mulai Leher Bengkak hingga Kejang Otot

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 481 1761032 jangan-abaikan-7-gejala-penyakit-tiroid-berbahaya-mulai-leher-bengkak-hingga-kejang-otot-kURiddmTxF.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

KELENJAR tiroid bertanggung jawab untuk menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme, suhu tubuh dan denyut nadi. Tapi jika sedang mengalami masalah, banyak tandanya yang harus Anda kenali.

Kelenjar ini diproduksi oleh tubuh manusia dan letaknya di bagian leher. Manfaat dari tiroid sangatlah melimpah, termasuk menjaga sistem kekebalan tubuh hingga reproduksi.

(Baca Juga: Human Flag, Latihan Kekuatan yang Lagi Tren, Berani Coba?)

Setiap gangguan yang dialami akibat kurangnya kelenjar tiroid menyebabkan hipotiroidisme. Penyakit ini kaitannya dengan fungsi organ tubuh.

Anda harus mengenali gejala tiroid yang bisa membahayakan diri. Simak ulasannya berikut ini, dilansir Boldsky, Rabu (23/8/2017).

Kelelahan

Penyakit tiroid diketahui mempengaruhi tingkat mood dan energi kita. Hipotiroidisme dapat menyebabkan rasa lelah dan kehilangan energi. Di sisi lain, gangguan hormon tiroid juga dapat menyebabkan pasien mudah tersinggung dan sering mengalami masalah tidur.

Perubahan dalam tingkat jantung

Hormon tiroid diketahui mempengaruhi hampir setiap organ dalam tubuh yang bisa mengubah detak jantung. Orang dengan gangguan kelenjar tiroid akan memperhatikan bahwa frekuensi denyut jantung menjadi sedikit lemah dan harus dicegah.

Perubahan berat badan

Pasien penyakit tiroid juga akan mengalami perubahan berat badan yang drastis. Anda bisa menjadi sangat gemuk atau sangat kurus akibat gangguan hormon tiroid.

(Baca Juga: Ternyata, Ini Alasan Pria Tidak Dianjurkan Kencing Sambil Berdiri! Duduk Lebih Bermanfaat)

Kulit kering dan kuku rapuh

Kulit kering atau gatal bisa mengindikasikan adanya masalah dengan kelenjar tiroid. Selanjutnya, jika kuku Anda menjadi rapuh dengan garis vertikal yang muncul di permukaan, Anda perlu juga untuk mewaspadai kondisi ini. Gejala ini dapat mengindikasikan Anda mengalami penyakit tiroid.

Masalah suhu tubuh

Penyakit tiroid mengganggu kemampuan tubuh mengatur suhu tubuhnya. Anda mungkin mengalami kondisi tubuh panas dingin, keringat berlebihan dan terasa sangat lemah.

(Baca Juga: Walau Rasanya Pahit, Makan Pare Mentah Bisa Cegah Gula Darah Naik!)

Leher bengkak

Pembengkakan atau pembesaran leher merupakan pertanda adanya masalah dengan kelenjar tiroid. Anda perlu konsultasikan dengan dokter bila mengalami gejala satu ini.

(Baca Juga: Duh! Gara-Gara Lakukan Pose Yoga yang Salah, Wanita Hamil Alami Buta Sementara)

Sakit otot dan kejang

Hipotiroidisme dapat membuat Anda mengalami rasa sakit di berbagai bagian tubuh. Pada sebagian besar kasus, gejala ini bisa ditandai dengan pembengkakan otot atau tumor yang tertekan pada saraf. Anda harus segera menyadari agar tak terlambat ditangani oleh dokter.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini