nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moms, Siram Bekas Makanan Gosong dengan Saus Tomat, Hasilnya Dijamin Kinclong

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 14:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 23 298 1761417 moms-siram-bekas-makanan-gosong-dengan-saus-tomat-hasilnya-dijamin-kinclong-DYGKd4q8nD.jpg

DALAM kehidupan sehari-hari, kita begitu akrab dengan saus tomat. Umumnya kita menjumpainya di dapur atau berbagai makanan cepat saji.

Namun di samping berguna sebagai pelengkap rasa pada hidangan, saus tomat memiliki manfaat yang lebih dalam kehidupan sehari-hari. Terutama untuk membersihkan perabot rumah tangga yang sulit diatasi.

Sifat alami tomat yang asam akan lebih asam ketika telah diolah menjadi saus. Karena itu, khasiatnya untuk membersihkan perabotan lebih baik dari cuka. Simak ulasannya seperti dilansir dari Boldsky, Rabu (23/8/2017) berikut ini:

(Baca Juga: Cara Menyimpan Saus Tomat yang Benar)

Tembaga

Perabot dari tembaga biasanya digunakan untuk menghias tatanan interior rumah agar lebih vintage. Bahan ini juga digunakan untuk peralatan memasak. Untuk membersihkan noda yang membandel, oleskan saus tomat ke lapisan yang ternoda. Biarkan selama 15 sampai 20 menit. Kemudian usap-usap bagian itu menggunakan kain katun. Lalu bilas dengan air hangat agar mengkilap.

Kuningan

Peralatan dari kuningan juga dapat dibersihkan dengan saus tomat. Misalnya gagang pintu atau alat masak. Untuk membersihkannya, tuang saus tomat ke alat berbahan kuningan. Diamkan beberapa saat, kemudian lap menggunakan kain lembut dan bilas sampai bersih.

Perak

Benda yang terbuat dari perak mudah kusam dan membentuk oksida tembaga ketika terkena udara. Untuk membersihkannya, masukkan benda berbahan perak ke dalam semangkuk saus tomat selama 5 sampai 10 menit. Namun jangan terlalu lama karena bisa merusak perak itu sendiri. Jika benda tersebut memiliki gerigi yang rumit, gunakan sikat gigi untuk menggosoknya agar bersih menyeluruh. Kemudian celupkan benda tersebut dalam air hangat dan keringkan.

(Baca Juga: Resep Mudah Bikin Saus Tomat Sendiri)

Bekas makanan gosong

Saat memanaskan makanan dengan api besar, risiko makanan gosong dan lengket pun membayangi. Bahkan keraknya bisa merusak peralatan masak Anda. Untuk mengatasinya, tuangkan saus tomat ke dalam wadah tersebut. Lalu letakkan peralatan itu di atas kompor dan awasi karena saus tomat tidak boleh menguap. Jika mulai lengket, tambahkan air lagi. Cara lainnya, tuangkan saus tomat ke dalam peralatan masak dan biarkan semalaman. Kemudian gosok dan bilas hingga mengkilap.

Karat

Saus tomat juga berfungsi membersihkan karat pada berbagai peralatan seperti logam. Gosokkan saus tomat pada area yang berkarat, kemudian biarkan selama beberapa saat. Cuci kembali peralatan dan biarkan hingga kering. Jika karat terlalu keras, Anda bisa mencampurkan saus tomat dengan soda.

(Baca Juga: Saus Tomat Untuk Spaghetti)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini