nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadilah Pelanggan Restoran yang Baik Jangan Bikin Kesal, Misalnya Mau Tahu Urusan Pribadi Pelayan Cantik

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 15:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 23 298 1761484 jadilah-pelanggan-restoran-yang-baik-jangan-bikin-kesal-misalnya-mau-tahu-urusan-pribadi-pelayan-cantik-Lz8QNxsv9L.jpg Pelanggan yang tidak disukai pelayan restoran (Foto:Urbo)

INGIN dilihat secara terpandang dan dihormati, cobalah memulainya dengan menghargai orang lain. Termasuk bersikap saat tengah makan di restoran.

Etika seseorang bisa dilihat di berbagai kesempatan, salah satunya saat mengunjungi restoran untuk makan. Kegiatan makan di restoran adalah sebuah rangkaian, mulai dari memesan makanan, menunggu, menyantap hingga melakukan pembayaran. Semuanya dilakukan dengan interaksi antara pengunjung dan pelayan, jika Anda sebagai pelanggan pastikan Anda menjalin 'hubungan' yang baik dengan pelayan selama proses makan berlangsung.

Pelayan tidak minta dihormati, mereka akan melayani pelanggan sepenuh hati tapi kadang ada saja hal menjengkelkan yang membuat pelayan kesal. Dilansir dari Urbo, Rabu (23/8/2017) berikut kelakuan-kelakuan menyebalkan dari pelanggan.

BACA JUGA:

Hal Sepele yang Dilakukan Pelanggan Namun Sangat Dibenci Pelayan Restoran

WALK & WOK: 4 Tempat Nongkrong Asyik di Hanoi untuk Menikmati Kopi & Bersantap

Kepo urusan pribadi pelayan cantik atau tampan

Memiliki wajah dan tubuh menarik memang jadi salah satu modal yang harus dimiliki pelayan restoran. Mereka bekerja secara professional jadi jangan sekalipun mencoba menggoda ataupun mencari tahu tentang urusan pribadinya. Sedikit kata pujian boleh saja dilontarkan tapi jangan sampai terkesan Anda sedang menginterogasinya. Pastikan kalimat "Apakah kamu sudah punya pacar?" tidak nyelonong tanpa rem saat pelayan cantik tengah mengantarkan menu pesanan Anda.

Komplain makanan lama datang saat restoran sedang penuh

Anda pasti sudah dapat memprediksi resiko saat datang ke restoran yang tengah ramai, salah satunya menunggu makanan dalam waktu yang cukup lama. Ketika restoran penuh sesak oleh pengunjung, otomatis kegiatan di dapur juga tak kalah sibuknya. Banyaknya order yang masuk membuat koki membutuhkan waktu lebih banyak untuk mengolah masakan. Jangan pernah komplain saat makanan datang terlambat, jika terburu-buru silahkan sambangi restoran yang sedang lengang.

Menggelar pesta mendadak

Setiap restoran pasti senang mendapat kunjungan tamu dalam jumlah banyak tapi jika ingin menggelar pesta sebaiknya lakukan reservasi. Area restoran adalah area publik dimana semua orang punya kewajiban saling menjaga kenyamanan antar pengunjung lain. Jika berniat mentraktir teman di hari ulang tahun Anda jangan langsung mengajak teman ke restoran dan menggelar pesta dengan gaduh. Apalagi sampai memaki pelayan agar dilayani dengan cepat.

BACA JUGA:

Berapa Lama Sebaiknya Keju Disimpan dalam Kulkas & Aman Dikonsumsi? Kenali Jenis Kejunya Dulu

Aneh! Bukan Uang atau Perhiasan, Maling di Jerman Ini Malah Curi 20 Ton Cokelat Senilai Rp783 Juta!

Komplain makanan yang sudah hampir habis

Restoran akan secara terbuka menerima kritik maupun masukan jika ada yang kurang berkenan saat pelanggan datang tapi bukan berarti semua kritik hisa diterima, terlebih jika isi kritiknya hal konyol. Misalnya pelanggan komplain makanan soal rasa, tampilan ataupun porsi namun dilakukan saat makanan sudah disantap lebih dari setengah.

Jika Anda memaksa pelayan mengganti dengan makanan baru, ini akan jadi hal paling menjengkelkan. Semua orang tahu, hal ini hanya akal-akalan dari pengunjung curang yang mengharapkan makanan lebih ataupun potongan harga.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini