nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Sukses Bikin Saus Telur Asin yang Gurih & Legit, Banyak Buih Pertanda Bagus

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 20:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 23 298 1761663 tips-sukses-bikin-saus-telur-asin-yang-gurih-legit-banyak-buih-pertanda-bagus-AYfsAHNWLy.jpg Udang saus telur asin (Foto:Unilever)

MASAKAN yang disajikan dengan saus telur asin tampaknya jadi makanan nikmat sepanjang masa. Penggemar makanan ini semakin hari semakin banyak, asal tahu triknya, sebenarnya olahan masakan dengan saus telur asin bukanlah masakan yang sulit dibuat.

Sebut saja sederet masakan yang nikmat disajikan dengan saus telur asin mulai dari udang, cumi, sayuran hingga berbagai camilan yang disajikan dengan saus telur asin yang rasanya khas.

BACA JUGA:

POP SUGAR: Teknik Memanggang dan Resep Khusus, Bikin Pillow Cake Indonesia Beda dengan yang Ada di Asia

Dari Permen Rasa Biskuit hingga Soda Rasa Bacon, Berbagai Varian Unik Camilan Terkenal

Olahan makanan bersaus telur asin bukan hanya lezat dinikmati di restoran karena saus telur asin lezat juga bisa dibuat di rumah. Tentunya dengan bahan yang simpel dan mudah dibuat. Tidak perlu sekolah memasak atau kursus intens karena rahasia lezatnya saus telur asin dibocorkan secara gamblang oleh Chef Tere, jebolan MasterChef Indonesia Season 4.

Ditemui dalam acara demo masak yang digelar di sela-sela High Tea with HighEnd, Rabu (23/7/2017) Chef Tere membagikan tips sukses membuat saus telur asin atau salted egg sauce. Simak yuk dan praktekkan di rumah.

 

Pilih bahan yang berkualitas

Untuk menghasilkan saus telur asin yang lezat, diperlukan bahan yang tidak terlalu banyak namun pastikan bahan tersebut memiliki kualitas premium. Mulai dari telur asin yang segar dan asli, jenis mentega dan susu cair. Tiga bahan ini adalah komposisi yang penting jadi pastikan hanya menggunakan bahan yang segar.

 

Takaran bahan yang sesuai

Langkah selanjutnya adalah takaran bahan yang sesuai resep. Komposisi sempurna untuk membuat saus telur asin yakni penggunaan kuning telur asin dan margarin dalam jumlah sama yakni 1:1. Artinya jika berat kuning telur asin 100 gr maka margarin yang digunakan juga 100 gr. Takaran ini dianggap sempurna karena saus yang dihasilkan tidak terlalu kental ataupun berminyak.

BACA JUGA:

Jadilah Pelanggan Restoran yang Baik Jangan Bikin Kesal, Misalnya Mau Tahu Urusan Pribadi Pelayan Cantik

Moms, Siram Bekas Makanan Gosong dengan Saus Tomat, Hasilnya Dijamin Kinclong

Perhatikan proses memasak

Saat memasak saus telur asin diperlukan waktu yang singkat namun telur asin harus terus diaduk selama proses pemasakan. Api yang digunakan juga api kecil agar saus tidak pecah dan tetap memiliki tekstur lembut serta krimi. Perhatikan juga saat kuning telur dimasak maka akan muncul buih busa yang memenuhi wajan, in adalah tanda wajar karena jika tidak berbusa tandanya kuning telur dalam keadaan tidak segar.

Bumbu juga penting

Bumbu yang ditambahkan dalam saus kuning telur memang tidak rumit hanya garam dan bubuk merica. Namun bukan berarti bumbu dan rempah lain tak bisa ditambahkan. Bubuk kari atau rempah beraroma khas juga bisa memperlezat saus. Penambahan bumbu ini baiknya dilakukan di akhir proses memasak, sesaat sebelum saus matang dan diangkat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini