nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KEREN! Pulau Bair di Maluku Memiliki Perairan Pirus dan Bukit seperti Raja Ampat

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 24 Agustus 2017 09:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 23 406 1761611 keren-pulau-bair-di-maluku-memiliki-perairan-pirus-dan-bukit-seperti-raja-ampat-ryvWYW0aP6.jpg Pulau Bair (Foto: Instagram)

MALUKU memiliki Pulau Kei yang selama ini telah dikenal karena keindahannya. Namun selain Pulau Kei, Maluku juga memiliki sejumlah pulau dan pantai cantik yang masih tersembunyi.

Tak heran jika Maluku menjadi destinasi favorit untuk para pencinta wisata bahari. Menyeberang dari Pulau Kei, Anda bisa menemukan Pulau Bair yang pesonanya tak kalah indah. Bahkan, pulau ini disebut-sebut sebagai versi mininya Raja Ampat dari Maluku.

Baca Juga: Wisata Pantai Long Ke, Surga Menyepi di Hong Kong

Tak percaya? Anda bisa melihat keindahannya dari warna perairan yang pirus dan tebing-tebing batu yang menjulang mengelilingi pulau. Bukit-bukit di tengah perairan yang tertutup tumbuhan hijau mengingatkan pada bukit-bukit kecil di Kepulauan Raja Ampat.

Pulau Bair terletak di Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Untuk sampai ke pulau ini, Anda harus menempuh perjalanan dari Tual menuju Desa Dullah selama 30 menit. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan menyeberang dari Dermaga Dullah menggunakan perahu cepat selama 1 jam.

Selama perjalanan laut itu, Anda akan dimanjakan dengan perairannya yang berwarna hijau toska dan jernih. Anda juga bisa menyaksikan pohon-pohon bakau yang mengelilingi pulau. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat anak-anak hiu jenis blacpit yang hidup di perairan ini. Anda juga dapat melihat Pulau Adrenan yang memiliki keindahan dengan pasir putih nan lembut.

Baca Juga: SHARE LOC: Berburu Foto Mitos Pohon Pengantin Salatiga, Spot Indah Para Juru Kamera

Pulau Bair sendiri dikelilingi tebing batu yang menjulang, membuatnya terlihat begitu indah. Saat air surut, pantai dengan pasir putih akan terlihat jelas di pulau ini. Sedangkan saat air pasang, maka yang terlihat hanyalah perairan yang bisa digunakan untuk wisata susur pantai.

Datanglah pada bulan Maret hingga Agustus, saat perairan cukup tenang dan cuaca bagus. Karena di atas Agustus, curah hujan cenderung lebih tinggi. Anda bisa menyewa perahu penduduk sekitar dan menyusuri perairan pirus yang tak akan didapatkan di tempat lain.

Baca Juga: UNCOVER INDONESIA: Pulau Widi, Maldives Indonesia yang Bertabur Ikan dengan Air Sebening Kaca

Sensasi menyusuri perairan dengan santai dan melihat pemandangan sekitar akan menjadikannya sebagai pengalaman tak terlupakan dalam hidup. Anda juga bisa menyusuri lorong mati, yaitu sebuah lorong perairan yang sempit diapit oleh dua bukit batu menjulang. Ini juga merupakan salah satu spot foto terbaik di Pulau Bair.

Selain menyusuri perairan, para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain seperti snorkeling, menyelam, hingga berjemur dan menikmati waktu yang berkualitas untuk diri sendiri.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini