Saat Asam Lambung Naik, 7 Makanan Ini Aman Dikonsumsi, Putih Telur hingga Jahe

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 23 481 1761239 saat-asam-lambung-naik-7-makanan-ini-aman-dikonsumsi-putih-telur-hingga-jahe-ahfmTZB0J4.jpg Putih telur (Foto: Stylecraze)

PASIEN GERD atau asam lambung banyak mengalami kekhawatiran saat mengonsumsi makanan. Mereka takut penyakitnya kambuh dan memilih tidak.

Padahal kalau pilih-pilih makanan pencernaan Anda jadi bermasalah. Seharusnya hal in tidak boleh terjadi karena berbahaya.

(Baca Juga: Human Flag, Latihan Kekuatan yang Lagi Tren, Berani Coba?)

Dilansir Healthline, Rabu (23/8/2017), berikut adalah 7 jenis makanan yang malah disarankan untuk penderita asam lambung. Simak yuk ulasan selengkapnya.

Sayuran

Sayuran secara alami rendah lemak dan gula yang membantu mengurangi asam lambung kambuh. Pilihan sayuran yang bagus termasuk kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.

(Baca Juga: Ternyata, Ini Alasan Pria Tidak Dianjurkan Kencing Sambil Berdiri! Duduk Lebih Bermanfaat)

Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami, sehingga berfungsi sebagai pengobatan alami untuk mencegah rasa panas dalam perut. Anda bisa menambahkan parutan jahe parut atau irisan jahe ke dalam masakan atau minuman Anda untuk meringankan gejalanya.

(Baca Juga: Walau Rasanya Pahit, Makan Pare Mentah Bisa Cegah Gula Darah Naik!)

Oatmeal

Oatmeal adalah sarapan favorit banyak orang. Oatmeal inI terbuat dari gandum utuh dan sumber serat yang sangat baik. Oatmeal bisa menyerap asam di perut, sehingga mengurangi gejala refluks.

Buah tidak asam

Buah-buahan non citrus juga harus dikonsumsi untuk mencegah kambuhnya asam lambung. Termasuk makan melon, pisang, apel, dan pir. Buah in tidak memicu gejala kambuhnya asam lambung yang berbahaya.

(Baca Juga: Duh! Gara-Gara Lakukan Pose Yoga yang Salah, Wanita Hamil Alami Buta Sementara)

Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak seperti ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut lainnya juga mengurangi gejala asam lambung. Cobalah panggang atau merebusnya agar lebih sehat dikonsumsi.

Putih telur

Putih telur adalah pilihan bahan makanan yang baik. Justru Anda tidak disarankan makan kuning telur, karena tinggi lemak dan bisa memicu gejala kambuhnya asam lambung.

Makanan dengan lemak sehat

Konsumsilah sumber lemak sehat termasuk alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak bunga matahari. Kurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans, lalu gantilah dengan lemak tak jenuh yang lebih sehat ini. Manfaatnya bisa mencegah naiknya asam lambung yang berbahaya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini