WASPADA! Brain Attack Bisa Terjadi Kapan Saja, Gejalanya Bentuk Wajah Miring Sebelah

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 23 481 1761247 waspada-brain-attack-bisa-terjadi-kapan-saja-gejalanya-bentuk-wajah-miring-sebelah-3iGuJrdZH4.jpg Ilustrasi (Foto: Thesun)

BRAIN attack atau dengan istilah awam stroke bisa terjadi kapan saja. Faktor risikonya mengintai orang dengan gaya hidup tidak sehat atau mereka yang punya riwayat penyakit ini dari keluarga.

(Baca Juga: Human Flag, Latihan Kekuatan yang Lagi Tren, Berani Coba?)

Stroke merupakan gangguan fungsi otak akut yang mendadak. Sebabnya ada gangguan sistem pembuluh darah di bagian otak. Terjadi gangguan pembuluh darah itu tidak dalam waktu sebentar. Pasien bisa mengalami gangguan jaringan otak dalam waktu yang lama.

(Baca Juga: Ternyata, Ini Alasan Pria Tidak Dianjurkan Kencing Sambil Berdiri! Duduk Lebih Bermanfaat)

Spesialis Bedah Saraf dr Roslan Yusni Hasan SpBS dari RS Bethsaida Serpong mengatakan, stroke merupakan penyakit pembunuh nomor tiga, setelah kanker dan serangan jantung. Penyakit ini bisa dikendalikan dengan gaya hidup sehat.

"Pasien stroke sudah mengalami pembuluh darah tidak sehat yang terjadi sudah lama. Ada jaringan otak yang tidak membuat darah cukup mendapatkan pasokan glukosa dan oksigen yang jadi bahan bakar sel," ujar dr Roslan saat ditemui di kawasan Gading Serpong, Tangerang Selatan, Selasa 22 Agustus 2017.

(Baca Juga: Walau Rasanya Pahit, Makan Pare Mentah Bisa Cegah Gula Darah Naik!)

dr Roslan menambahkan, ketika terjadi stroke dalam waktu 1,5 menit sel otak mati. Sel dan jaringan mati itu tidak berfungsi lagi dengan baik. Karena itu, hampir 30% pasien stroke meninggal dunia meski dapat pengobatan. Kalau bertahan hidup, pembentukan saraf pasien stroke tak bisa kembali baik.

"Cara untuk mengembalikan sarafnya yang baik bukan hanya dari fisik tetapi juga otak individu," imbuhnya.

(Baca Juga: Duh! Gara-Gara Lakukan Pose Yoga yang Salah, Wanita Hamil Alami Buta Sementara)

Pasien juga dapat mengalami kecacatan apabila tak cepat mendapatkan pertolongan pertama di saat mengalami brain attack. Maka, Anda harus mengenali dengan benar bagaimana gejala awalnya.

Adapun gejala stroke yang mudah dikenali adalah pasien mengalami gangguan saraf dengan tanda kebas di kaki, tangan dan wajah. Jika tak mendapatkan pertolongan bisa berlanjut pada masalah bentuk wajah miring sebelah, bicara pelo, tremor, dan sebagainya.

"Yang penting harus early treatment agar memperbesar keselamatan pasien dan memperkecil kemungkinan cacat," simpul dr Roslan ramah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini