Image

Pertolongan Pertama saat Anak Diare, Minum Banyak Air Putih dan Istirahat yang Cukup

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017, 11:57 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 08 23 481 1761273 pertolongan pertama saat anak diare minum banyak air putih dan istirahat yang cukup glpC39UjZe.jpg Ilustrasi (Foto: Rush)

KETIKA anak mengalami diare, Bunda tidak perlu panik. Berikan pertolongan pertama sebelum dibawa ke dokter. Karena saat diare, tubuh bisa kehilangan banyak cairan. Akhirnya tubuh menjadi lemas dan sulit beraktivitas.

(Baca Juga: WASPADA! Brain Attack Bisa Terjadi Kapan Saja, Gejalanya Bentuk Wajah Miring Sebelah)

Ada pula beberapa cara lain yang menjadi pertolongan pertama saat diare. Simak ulasannya, dilansir Everydayhealth, Rabu (23/8/2017).

Memberikan anak banyak minum air putih

Saat dehidrasi yang menjadi perhatian utama adalah mencukupi cairan tubuh. Caranya banyak-banyaklah minum air putih agar tubuh tidak lemas. Paksa anak untuk banyak minum supaya tubuhnya tidak lemas.

(Baca Juga: Saat Asam Lambung Naik, 7 Makanan Ini Aman Dikonsumsi, Putih Telur hingga Jahe)

Makan sayur dan buah

Ketika diare jangan sembarang makan apalagi dengan citarasa asam. Hindari pula makanan yang mengandung tinggi lemak. Saat menderita diare, Anda harus menyuruh anak makan sayuran dan buah agar lebih aman dicerna. Kalau ingin makan nasi, makan saja nasi merah yang tinggi serat. Atau pilihlah makan kentang tumbuk yang juga mudah dicerna.

(Baca Juga: Iritasi Mata Akibat Penggunaan Lensa Kontak? Jangan Sembarangan, Begini Cara Mudah dan Aman Mengatasinya)

Biji-bijian

Makan bahan yang identik dengan biji-bijian juga sangat disarankan untuk dimakan. Antara lain makan kacang hijau, kacang merah, kacang polong, kacang kedelai, kacang almond dan lainnya. Bahan makanan ini juga mudah dicerna, sehingga tidak memperparah kondisi diare pada anak.

(Baca Juga: 8 Makanan yang Bikin Anda Lancar Buang Air Besar, Popcorn hingga Lidah Buaya!)

Istirahat cukup

Anda juga harus mengutus anak untuk memperbanyak istirahat saat menderita diare. Tubuh anak menjadi sangat lemas saat menderita penyakit itu. Jangan pula paksa mereka untuk sekolah karena konsentrasinya terganggu dan tubuhnya tidak nyaman.

Konsultasi dengan dokter

Bila anak-anak mengalami diare dengan dampak yang fatal segera konsultasikan dengan dokter. Ingat, diare bisa menyebabkan kematian pada anak yang saat ini prevalensinya juga tinggi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini