UNIK! Gunakan Make-Up Opera Tradisional, Dokter di China Bikin Pasien Betah Berobat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 23 481 1761483 unik-gunakan-make-up-opera-tradisional-dokter-di-china-bikin-pasien-betah-berobat-m795XHYKa2.jpg Dokter Bai Shufang (Foto: Odditycentral)

ADA banyak cara yang bisa dilakukan rumah sakit agar pasien tidak ragu untuk berkonsultasi secara terang-terangan. Sikap ramah, selalu senyum, dan murah informasi adalah hal yang cukup disukai pasien di rumah sakit.

(Baca Juga: WASPADA! Brain Attack Bisa Terjadi Kapan Saja, Gejalanya Bentuk Wajah Miring Sebelah)

Belum lama ini, di Thailand ada konsep baru pada mereka yang ingin mengetes kadar kanker serviks di rumah sakit. Adalah dengan memberikan topeng pada calon penguji. Dengan menggunakan topeng, diharapkan pasien tidak ragu untuk bicara jujur mengenai kondisi tubuhnya. Itu hal yang paling diinginkan dokter supaya diagnosis bisa dekat dengan kebenarannya.

(Baca Juga: Saat Asam Lambung Naik, 7 Makanan Ini Aman Dikonsumsi, Putih Telur hingga Jahe)

Penggunaan topeng juga dipercaya mampu untuk menutupi identitas pasien. Tidak bisa dipungkiri, masyarakat masih malu untuk mengecek kondisi paling sensitifnya. Padahal, hal tersebut cukup baik untuk memastikan sedini mungkin kondisi kesehatannya.

Nah, selain di Thailand, China juga ternyata punya cara unik untuk memberikan kenyamanan pada pasien di rumah sakit. Adalah Bai Shufang, seorang dokter di sebuah rumah sakit vitiligo di Beijing, China, berpakaian yang tidak biasa.

(Baca Juga: Iritasi Mata Akibat Penggunaan Lensa Kontak? Jangan Sembarangan, Begini Cara Mudah dan Aman Mengatasinya)

Bukan dengan jas putih, tetapi Bai memilih mengenakan karakter opera tradisional China. Tidak main-main, Bai mengenakan pakaian yang lengkap dengan riasan wajah yang rumit.

Tujuan Bai melakukan hal tersebut perlu diacungi jempol. Menurut Bai, dirinya melakukan itu untuk membuat pasiennya betah berlama-lama di rumah sakit. Pasien merasa rileks. Dasar Bai melakukan hal itu adalah karena dia mengetahui bahwa banyak pasiennya mengalami kesulitan untuk membuka diri secara jujur terhadap kondisi tubuhnya.

(Baca Juga: 8 Makanan yang Bikin Anda Lancar Buang Air Besar, Popcorn hingga Lidah Buaya!)

Padahal, kejujuran kondisi tubuh pasien menjadi salah satu pengaruh kemampuan dokter untuk meresepkan perawatan terbaik. Nah, dokter kulit China Bai Shufang memutuskan untuk membantu mereka bersantai dengan berpakaian unik.

Banyak orang merasa tidak nyaman dan tegang di sekitar dokter yang mengenakan jas putih, jadi dia berpikir bahwa dengan mengubah penampilannya secara besar-besaran, upaya Bai dianggap bisa mengatasi stres pasien.

Perlu Anda ketahui, selama beberapa minggu terakhir, Bai menghabiskan sekitar satu jam setiap pagi untuk berdandan sebagai pemain opera China. Foto-foto Bai Shufang dengan wajah penuh make-up pun mendapat reaksi beragam pada media sosial Tiongkok. Sementara beberapa orang memuji usahanya untuk membuat pasien lebih nyaman, reaksi lain tentang sikap tujuan Bai dan keefektifan pakaiannya yang tidak biasa menjadi perdebatan.

Walau ada komentar negatif, Bai tetap pada pendiriannya. Dia tetap akan melalukan hal tersebut, karena respon pasiennya sejauh ini masih positif dan menyukai hal itu. Sementara itu, upaya Bai juga mendapat dukungan dari manajer rumah sakit tersebut yang percaya bahwa metode tersebut dapat memberi dampak positif pada pasien.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini