nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biar Tak Terkena Asam Urat, Penderita Hipertensi Bisa Jalani Diet DASH, Mau Coba?

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 24 Agustus 2017 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 23 481 1761684 biar-tak-terkena-asam-urat-penderita-hipertensi-bisa-jalani-diet-dash-mau-coba-65LzDLcMuC.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

TEKANAN darah tinggi atau hipertensi bisa memicu terjadinya serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Untuk itu, apabila seseorang terkena hipertensi, mereka biasanya diberi obat penurun tekanan darah dan diminta agar tidak terlalu tertekan memikirkan sesuatu.

Selain menggunakan obat dan mengendalikan pikiran, perubahan pola makan juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Salah satu pola makan yang dianjurkan untuk mereka yang memiliki tekanan darah tinggi adalah menerapkan diet DASH.

(Baca Juga: Lagi, Pernikahan Beda Usia, Nenek 75 Tahun Nikahi Seorang Perjaka di Kalimantan!)

DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension yang dipercaya bisa menurunkan tekanan darah dalam waktu 2 minggu. Diet ini dirancang agar penderita hipertensi mengonsumsi makanan dengan seimbang.

(Baca Juga: UNIK! Gunakan Make-Up Opera Tradisional, Dokter di China Bikin Pasien Betah Berobat)

Diet DASH meliputi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, ikan, unggas, kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, dan minyak sayur. Seseorang yang menerapkan diet DASH diharuskan membatasi makanan tinggi lemak jenuh, produk susu berlemak, serta minyak tropis seperti minyak kelapa dan minyak kelapa sawit. Mereka juga harus berhenti mengonsumsi makanan dan minuman manis.

(Baca Juga: Selain Deteksi Dini Gejala, Jalani Gaya Hidup Sehat Jadi Upaya Terbaik Cegah Brain Attack yang Mematikan)

Bila teratur menerapkan pola diet ini, bukan hanya menurunkan tekanan darah tapi juga menghasilkan hasil yang lebih baik dalam jangka panjang. Baru-baru ini para ahli mengklaim diet DASH bisa mengurangi risiko encok atau asam urat.

Hasil ini didapat setelah sebuah penelitan yang dipimpin oleh Rumah Sakit Umum Massachusetts melihat data 25 tahun terakhir. Para ahli menemukan ada risiko yang lebih rendah pada pria yang menerapkan diet serupa dengan diet DASH untuk terkena asam urat.

"Rekomendasi diet saat ini untuk perawatan asam urat adalah diet rendah purin, yang ditemukan pada daging dan makanan laut tertentu. Akan tetapi diet itu memiliki keefektifan yang terbatas dan terbukti menantang bagi banyak pasien," kata Hyon Choi, penulis senior laporan penelitian seperti yang dikutip dari Express, Kamis (24/8/2017).

(Baca Juga: WASPADA! Brain Attack Bisa Terjadi Kapan Saja, Gejalanya Bentuk Wajah Miring Sebelah)

Menurut Hyon, diet purin adalah diet rendah protein yang bisa meningkatkan konsumsi karbohidrat olahan dan lemak tidak sehat. Hal itu tentunya memperburuk masalah kardiovaskular dan metabolik pada pasien asam urat.

Dengan ditemukannya hasil penelitian ini, peneliti berharap agar penderita asam urat juga ikut menerapkan diet DASH karena lebih menguntungkan. Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang terjadi karena kelebihan asam urat dalam darah dan jaringan tubuh.

Bila kelebihan itu bertahan cukup lama, nantinya bisa membentuk kristal seperti jarum yang menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan pada sendi. Setiap orang memiliki asam urat dalam darah. Itulah memgapa sebabnya diet untuk penurunan tekanan darah bermanfaat juga untuk mengontrol kadar asam urat di dalam darah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini