Maskapai Asal Inggris Ciptakan Menu Khusus untuk Penumpang Stres dan Jetlag, Mulai dari Es Krim hingga Mochi Lavender

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 25 Agustus 2017 05:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 24 298 1762496 maskapai-asal-inggris-ciptakan-menu-khusus-untuk-penumpang-stres-dan-jetlag-mulai-dari-es-krim-hingga-mochi-lavender-G2M6W8WqgY.jpeg Makanan dalam pesawat (Foto: Telegraph)

SEJUMLAH orang masih memiliki masalah saat dia berpergian dengan pesawat terbang. Ada yang merasa takut atau mual. Perjalanan jauh yang memakan waktu cukup lama juga terkadang membuat orang mengalami jet lag. Untuk membantu orang yang mengalami masalah penerbangan, profesor dari Oxford University membuat menu makanan khusus.

Makanan yang dibuat oleh Profesor Charles Spence ini diyakini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menenangkan syaraf, mengendapkan perut, dan melawan jet lag. Menu makanan ini terdiri dari es krim Echinacea, teh hijau dan herbal, kue beras mochi lavender, snack bar yang kaya umami, dan es minuman beralkohol. Bahan makanan dipilih secara khusus agar meningkatkan kebahagiaan, relaksasi, dan kesejahteraan penumpang pesawat.

 BACA JUGA:

Makanan di Pesawat Terasa Hambar dan Tidak Enak, Ini Penjelasannya!

Makanan yang Ada di Pesawat Bumbunya Ditingkatkan 20 Persen biar Makin Lezat!

 

Profesor Charles mengolah es krim Echinacea dan es krim manis agar mengurangi gejala batuk. Selain itu, es krim ini berwarna hitam sehingga membantu penumpang mengalihkan pikiran mereka dari penerbangan yang panjang. “Warna hitam tentunya berlawanan dengan intuitif seseorang. Kebanyakan penumpang biasanya memikirkan es krim berwarna putih atau pucat,” tutur Profesor Charles seperti yang dikutip dari Telegraph, Jumat (25/8/2017).

Menurut Profesor Charles, warna hitam akan membuat penumpang merasa terkejut dan bernostalgia dengan masa kecil mereka. Sementara, teh hijau dan kue beras mochi lavender bisa mengendurkan saraf penumpang setelah take-off. Kedua menu ini terbukti meningkatkan relaksasi dan kualitas tidur di segala usia. Selain itu, kandungan polifenol yang tinggi dan dikemas dengan antioksida pada teh hijau bisa melawan jet lag.

 

Menu ini baru dicoba di salah satu maskapai penerbangan asal Inggris, Monarch. Penyajiannya dimulai setelah 30 menit pesawat take off di mana wisatawan akan diberikan campuran teh herbal khusus yang mengandung chamomile, biji adas, dan kelp untuk menghilangkan rasa kembung dan membantu pencernaan. Teh disertai dengan biskuit renyah dan rumput laut dengan cita rasa umami yang manis tapi asin. Bila dikombinasikan dengan rasa lainnya, cita rasa dari makanan ringan itu bisa menghibur dan memuaskan penumpang.

BACA JUGA:

Sebaiknya Makan atau Tidak di Pesawat? Ini Kata Ahli Gizi

Minuman Es Soda Kola Butuh Waktu Lebih Lama saat Disajikan di Atas Pesawat, Kira-Kira Kenapa Ya?

Selanjutnya wisatawan akan diberikan kacang caramel yang dilapisi jamur umami dan ditaburi bubuk tomat. Menu ini bisa mengembalikan energi dan membangkitkan indera saat penumpang tiba di tempat tujuan. Sayangnya, menu ini baru ada di pesawat dengan rute penerbangan dari Luton ke Naples, Gibraltar, dan Malaga. (DNO)

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini