nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Koleksi 7.000 Tengkorak Binatang, Kakek Ini Bangun Museum Tulang

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 25 Agustus 2017 14:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 24 406 1762586 koleksi-7-000-tengkorak-binatang-kakek-ini-bangun-museum-tulang-X2M6ZWZ8qD.JPG Museum Tulang (Foto: odditycentral)

MENGOLEKSI barang-barang antik atau langka jadi hal yang seringkali kita jumpai. Jam-jam klasik, benda-benda antik atau langka hingga uang yang berasal dari masa lalu sudah sangat akrab di telinga.

Namun, bagaimana dengan mengoleksi tulang-belulang? Pasti tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya bukan?

Kegemaran tersebut ternyata ada, dan seorang pria yang merupakan pensiunan dari ahli biologi, Ray Bandar. Tidak tanggung-tanggung, Ia bahkan telah mengoleksi lebih dari 7000 tengkorak dan tulang belulang segala jenis binatang.

Pria asal San Francisco ini telah menghabiskan waktu 50 tahun terakhir untuk mengumpulkan ribuan tulang hewan tersebut dan membuat rumahnya menjadi bak museum tulang.

Ia memperikirakan sudah memiliki sebanyak 7000 tengkorak, 200 pelvis dan banyak lagi anggota tubuh lainnya yang tidak terhitung jumlahnya, dari binatang yang biasanya ia temukan dan ia bersihkan sendiri.

Hobi unik ini ternyata berasal dari sensasi yang ia rasakan ketika mengeluarkan daging bangkai binatang dari tengkorak atau rahangnya. Uniknya lagi, Bandar tidak pernah merasa jijik atau mual ketika membersihkan atau memisahkan daging dari bangkai binatang. Binatang segar atau yang sudah membusuk, baginya tidak ada perbedaan.

“Saya menikmati saat mengeluarkan daging dari tengkorak dan melucuti rahang binatang tersebut,” ucap Bandar, dilansir dari Oddity Central, Kamis (24/8/2017).

Hobi unik yang digeluti oleh Bandar telah berlangsung sejak dirinya duduk di bangku sekolah menengah pertama, yang membuat dirinya dijuluki Reptile Ray oleh teman-temannya.

Seiring berjalannya waktu, hasrat untuk mengumpulkan dan membersihkan hewan yang telah mati pun tumbuh dan sekarang ia telah memiliki sebanyak 7000 tengkorak, termasuk 2600 mamalia laut California. Selama ini, penemuannya telah memadati rumah yang dihuninya. Hampir setiap ruangan penuh dengan tulang dan tengkorak binatang.

Bau busuk dari binatang yang telah mati ajaibnya tidak membuat istri Bandar merasa keberatan. Buktinya, pernikahan mereka masih bertahan.

“Saya memiliki indera penciuman yang sangat lemah. Hal itu pula yang membuat pernikahan kami bertahan,” ucap istri Ray Bandar, Alkmere Bandar, seperti yang tertulis pada laman Oddity Central, Kamis (24/8/2017).

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini