nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Rahasia Diet Pemain Sepakbola, Makan Dendeng hingga Mengudap Yoghurt 30 Menit Sebelum Tidur

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 24 Agustus 2017 12:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 24 481 1762058 6-rahasia-diet-pemain-sepakbola-makan-dendeng-hingga-mengudap-yoghurt-30-menit-sebelum-tidur-zIRfYI7WW4.jpg Ilustrasi (Foto: Alldaydreamaboutfood)

MENJAGA kesehatan tubuh tidak cukup hanya dengan berolahraga harus diimbangi dengan pola makan yang benar. Kebanyakan atlet seperti pemain sepakbola profesional memberikan banyak perhatian pada makanannya sebagai salah satu bentuk latihan mereka.

(Baca Juga: Lagi, Pernikahan Beda Usia, Nenek 75 Tahun Nikahi Seorang Perjaka di Kalimantan!)

Kecukupan nutrisi memengaruhi ketahanan pemain dan mempercepat pemulihan pola tidurnya. Sama halnya dengan Anda. Agar bisa menghasilkan kinerja yang baik dalam aktivitas sehari-hari, Anda perlu memerhatikan asupan nutrisi yang diterima oleh tubuh.

Dilansir dari Independent, Kamis (24/8/2017), inilah beberapa rahasia diet pemain sepakbola yang bisa Anda sontek;

1. Berhenti konsumsi minuman energi

Setelah berolahraga, tak jarang individu mengonsumsi minuman energi yang dipercaya bisa mengembalikan energi yang hilang. Padahal, minuman energi malah bisa meniadakan semua kerja keras yang telah dilakukan saat olahraga karena mengandung kalori dan gula yang cukup tinggi.

(Baca Juga: UNIK! Gunakan Make-Up Opera Tradisional, Dokter di China Bikin Pasien Betah Berobat)

Anda mungkin tetap bisa mengonsumsinya, namun tidak setiap saat Anda berolahraga. Para pemain bola biasanya baru mengonsumsi minuman olahraga pada hari pertandingan agar memberikan dorongan karbohidrat.

2. Makan dendeng

Protein dibutuhkan setelah melakukan latihan atau bertanding guna memulihkan otot. Daripada memakan sembarang protein yang dijual di supermarket, ada cemilan pascalatihan yang bisa Anda konsumsi dan bagus untuk tubuh, yaitu dendeng.

(Baca Juga: Selain Deteksi Dini Gejala, Jalani Gaya Hidup Sehat Jadi Upaya Terbaik Cegah Brain Attack yang Mematikan)

Para pemain sepak bola rutin mengonsumsi dendeng karena diprediksi menjadi alternatif protein bar. Dendeng adalah makanan ringan yang mengandung protein berkualitas tinggi karena bisa memberikan tubuh asam amino esensial. Zat itu dibutuhkan tubuh untuk membangun, merawat, dan memperbaiki otot.

3. Batasi sayuran tertentu

Sayuran seperti paprika, tomat, terong dan kentang sulit dicerna sehingga jumlah asupannya harus dibatasi. Para pemain sepakbola biasanya diminta mengurangi saus tomat karena mengandung senyawa yang menghambat penyerapan kalsium oleh tubuh.

(Baca Juga: WASPADA! Brain Attack Bisa Terjadi Kapan Saja, Gejalanya Bentuk Wajah Miring Sebelah)

4. Konsumsi buah blueberry, ceri, dan biji delima

Ketiga buah ini memiliki sifat anti-inflamasi sehingga membantu pemulihan pasca-latihan. Khusus untuk blueberry, buah ini biasanya dikonsumsi para pemain sebelum pertandingan karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, bluberry juga tidak memicu kadar insulin yang tinggi.

5. Mengelola karbohidrat

Saat berolahraga, tubuh membakar banyak kalori. Maka dari itu, setelahnya tubuh membutuhkan karbohidrat. Pemain bola tidak mengonsumsi "karbohidrat," seperti yang dipikirkan banyak orang dan harus dimakan di waktu yang tepat.

Penelitian ilmiah terbaru mengatakan penting untuk kita memodifikasi asupan karbohidrat terlepas dari sedang berolahraga atau tidak. Setiap hari, tubuh hanya memerlukan 2 g dari berat badan.

6. Makan yoghurt Yunani sebelum tidur

Makanan yang mengandung protein, probiotik, dan kalsium bisa membantu tubuh cepat pulih setelah berolahraga saat sedang tertidur. Anda bisa mengonsumsi yoghurt Yunani setengah jam sebelum tidur.

Protein pada yoghurt dan produk susu lainnya dicerna perlahan oleh tubuh dan sangat ideal untuk membangun kembali otot setelah sesi latihan intensif. Hal ini bisa dicontoh oleh Anda yang senang berlatih angkat beban di gym.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini