nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AWAS! Makan Jeruk, Keripik hingga Minum Kopi Berlebihan Bisa Bikin Gigi Rusak

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 24 Agustus 2017 12:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 24 481 1762085 awas-makan-jeruk-keripik-hingga-minum-kopi-berlebihan-bisa-bikin-gigi-rusak-yODheVQSSA.jpg Ilustrasi (Foto: Readersdigest)

KESEHATAN gigi sangat mempengaruhi kesehatan manusia secara menyeluruh. Karena itu, Anda harus menjaganya dengan salah satu caranya yakni menghindari beragam makanan yang bisa merusak gigi.

Bila seseorang sembarang mengonsumsi makanan dapat merusak kesehatan gigi. Contohnya gigi cepat kuning yang berbentuk plak.

(Baca Juga: Lagi, Pernikahan Beda Usia, Nenek 75 Tahun Nikahi Seorang Perjaka di Kalimantan!)

Jangan konsumsi 9 makanan berikut ini jika gigi tak ingin cepat rusak. Simak ulasannya, dikutip Boldsky, Kamis (24/8/2017).

Permen

Permen manis mengandung kadar gula tinggi dan bisa menyebabkan gigi berlubang Jika Anda menginginkan gigi sehat, hindari makan permen. Risiko serangan asam dari permen dapat menyebabkan kerusakan gigi. Apalagi yang berkaitan dengan cokelat manis bisa menempel di gigi.

(Baca Juga: UNIK! Gunakan Make-Up Opera Tradisional, Dokter di China Bikin Pasien Betah Berobat)

Teh atau kopi

Terlalu banyak minum teh atau kopi bisa menodai gigi Anda. Anda boleh minum tapi tidak lebih dari tiga cangkir sehari. Asam tannic pada kopi mempengaruhi lapisan enamel gigi Anda, sehingga menodai dan gigi bisa berwarna coklat.

(Baca Juga: Selain Deteksi Dini Gejala, Jalani Gaya Hidup Sehat Jadi Upaya Terbaik Cegah Brain Attack yang Mematikan)

Jeruk

Kita semua tahu bahwa jeruk kaya kandungan vitamin C dan sangat penting bagi tubuh kita. Namun, kandungan asam yang tinggi dari buah ini dapat menimbulkan enamel dan gigi terdemineralisasi dari waktu ke waktu. Nah, area email yang melunak ini kemudian menjadi berubah warna dan akhirnya membusuk. Paling tidak setelah makan jeruk gosok gigilah agar kesehatan gigi tetap terjaga.

(Baca Juga: WASPADA! Brain Attack Bisa Terjadi Kapan Saja, Gejalanya Bentuk Wajah Miring Sebelah)

Minuman bersoda

Sebagian besar minuman ringan berkarbonasi termasuk soda bersifat asam. Oleh karena itu, dapat merusak kesehatan gigi Anda. Minuman in juga mengandung asam fosfat dan sitrat yang melembutkan enamel, merusak gigi dan meningkatkan risiko berlubang. Jadi, jangan meminumnya bila terasa haus, lebih baik ganti dengan air putih.

Wine

Minum wine berlebihan juga memicu noda di gigi. Bahkan, bila alkohol ini diminum setiap hari dapat menyebabkan kanker mulut. Karena wine memiliki sifat dehidrasi yang mengeringkan mulut Anda, sehingga sulit menghasilkan air liur yang membuat gigi tetap bersih.

Acar

Makanan asam yang dibuat dari bahan cuka seperti acar juga dapat merusak kesehatan gigi. Asamnya dapat mengubah enamel gigi. Sehingga, bagi Anda yang suka makanan asam cenderung punya gigi rusak. Maka, hindari makanan ini agar tak membuat masalah di gigi Anda.

Keripik kentang

Siapa tak suka dengan keripik kentang. Ini merupakan makanan favorit banyak orang. Tapi sayang, makan keripik kentang juga dapat merusak gigi. Saat makan, sisanya bisa menempel di rongga gigi. Ini membuat bakteri tumbuh dan membahayakan gigi Anda.

Makanan lengket

Makanan yang lengket seperti ketan dan buah-buahan kering juga dapat merusak gigi. Bila Anda tidak menggosok gigi dengan baik dapat membuat sisa makanan menempel di gigi, sehingga memicu bakteri berkembang biak.

Es batu

Suhu es batu yang ekstrem juga dapat mengganggu kenyamanan gigi. Anda bisa mengalami rasa ngilu yang mengganggu. Apalagi kalau Anda suka mengunyah es batu, sebabkan gigi patah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini