nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap! Alasan Orang Suka Marah-Marah di Sela Bekerja Siang Hari, Termasuk Anda?

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 24 Agustus 2017 12:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 24 481 1762105 terungkap-alasan-orang-suka-marah-marah-di-sela-bekerja-siang-hari-termasuk-anda-YGKhMulBIy.jpg Ilustrasi (Foto: Cheatsheet)

BANYAK sekali kejadian tidak enak saat bekerja di siang hari. Misalnya ada salah satu teman atau diri sendiri yang suka marah-marah. Duh apa sebabnya ya?

Peneliti menyebutkan, kondisi otak manusia di siang hari mulai penuh. Apalagi dalam keadaan tidak rileks, membuat orang jadi lebih marah.

(Baca Juga: Lagi, Pernikahan Beda Usia, Nenek 75 Tahun Nikahi Seorang Perjaka di Kalimantan!)

Biasanya puncaknya banyak orang marah sekira pukul 14.00. Apalagi kalau pekerjaannya masih menumpuk. Para pekerja akan merasa stres dan segera ingin menyelesaikan.

(Baca Juga: UNIK! Gunakan Make-Up Opera Tradisional, Dokter di China Bikin Pasien Betah Berobat)

Apakah Anda mendapati diri Anda pemarah dan kurang waspada di sore hari dibandingkan dengan pagi hari? Itu karena otak Anda mengharapkan hadiah, sementara aktivasi lebih besar di pagi dan sore hari karena penghargaan tidak diharapkan pada saat ini, menurut sebuah penelitian.

(Baca Juga: Selain Deteksi Dini Gejala, Jalani Gaya Hidup Sehat Jadi Upaya Terbaik Cegah Brain Attack yang Mematikan)

Temuan tersebut menunjukkan bahwa aktivasi daerah otak pemrosesan hadiah puncak di pagi dan sore hari dan turun pada pukul 2 siang.

Memahami bagaimana aktivitas dalam sistem penghargaan otak berubah sepanjang hari dapat berimplikasi pada depresi, penyalahgunaan zat dan gangguan tidur, kata

Greg Murray dari Swinburne University di Australia menjelaskan, kebiasaan marah-marah ini dapat memicu depresi. Sehingga, Anda harus lebih berhati-hati dalam mengatasinya.

Untuk penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Neuroscience, tim membandingkan aktivasi sistem beban otak pada pria muda selama bekerja pada pukul 10.00, 14.00, hingga 19.00.

(Baca Juga: WASPADA! Brain Attack Bisa Terjadi Kapan Saja, Gejalanya Bentuk Wajah Miring Sebelah)

Temuannya, di siang hari orang cenderung lebih stres. Otak menjadi lebih responsif, terutama saat diburu-buru untuk menyelesaikan pekerjaan.

"Pada pagi hari, otak cenderung lebih fresh. Pukul 10.00 ada sedikit beban. Ditambah lagi kalau mereka tidak sarapan," terang Murray, dilansir Zeenews, Kamis (24/8/2017).

Sementara di sore hari aktivitas otak jadi lebih menurun. Mereka juga akan merasa lebih rileks saat itu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini