nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gawat! Wanita Hamil di Indonesia Banyak Alami Kekurangan Vitamin D, Apa Dampaknya?

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 24 Agustus 2017 19:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 24 481 1762491 gawat-wanita-hamil-di-indonesia-banyak-alami-kekurangan-vitamin-d-hkLCc6qqh3.jpg Ilustrasi (Foto: Okru)

HAMPIR semua nutrisi sangat penting bagi wanita hamil, hal ini termasuk vitamin. Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh wanita hamil adalah vitamin D.

Asupan vitamin D sangat penting untuk mendukung kesehatan ibu hamil. Tapi sayang, masih banyak dari wanita hamil yang tidak mencukupi kebutuhannya.

(Baca Juga: Lagi, Pernikahan Beda Usia, Nenek 75 Tahun Nikahi Seorang Perjaka di Kalimantan!)

Berdasarkan studi yang dilakukan di Jakarta, 10% ibu hamil mengalami defisiensi vitamin D dan zat besi. Seharusnya hal ini tidak boleh terjadi karena dapat berdampak pada bayi di dalam kandungan.

(Baca Juga: UNIK! Gunakan Make-Up Opera Tradisional, Dokter di China Bikin Pasien Betah Berobat)

Apalagi bagi ibu hamil yang mengidam, mereka kerap memilih makanan yang tidak cukup nutrisinya, bahkan dengan cita rasa asam. Hal ini kerap terjadi saat masa kehamilan trimester pertama.

(Baca Juga: Selain Deteksi Dini Gejala, Jalani Gaya Hidup Sehat Jadi Upaya Terbaik Cegah Brain Attack yang Mematikan)

Spesialis Obstetri dan Ginekologi Dr dr Damar Prasmusinto SpOG(K) dari FKUI-RSCM Jakarta mengatakan, vitamin D untuk ibu hamil manfaatnya sangat banyak. Bahkan, tak hanya memperkuat tulang, tetapi juga mendukung perkembangan saraf dan imunitas tubuh.

"Vitamin D sangat dibutuhkan saat masa kehamilan trimester pertama. Sayangnya, defisiensi ini terjadi saat masa-masa awal kehamilan," ujar dr Damar saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (24/8/2017).

(Baca Juga: WASPADA! Brain Attack Bisa Terjadi Kapan Saja, Gejalanya Bentuk Wajah Miring Sebelah)

Akibat kekurangan asupan vitamin D, pada 50% ibu hamil selalu mengalami masalah dalam kehamilannya. Mereka menjadi sering mengeluh mual, muntah, hingga terserang heartburn.

Karena kondisi ini wanita hamil jadi malas makan dan kebutuhan nutrisinya tidak tercukupi. Khawatirnya tumbuh kembang janin jadi terganggu akibat masalah tersebut.

Selain asupan vitamin D, ibu hamil juga membutuhkan asupan asam folat dan kalsium yang cukup. Nutrisi tersebut sangat penting untuk membantu tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

"Mencukupi kebutuhan nutrisi penting pada ibu hamil sebenarnya mudah. Salah satunya dengan minum susu hamil yang sudah dikemas dengan semua nutrisi tersebut," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini