Jangan Kecil Hati! Keuntungan Pemilik Kulit Gelap Itu Selalu Nampak Awet Muda Lho!

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 25 Agustus 2017 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 25 194 1763012 jangan-kecil-hati-keuntungan-pemilik-kulit-gelap-itu-selalu-nampak-awet-muda-lho-x4AfURI3OA.jpg Kulit gelap (Foto: Imanskin)

SEBAGIAN besar orang, wanita Indonesia, pada khususnya mendambakan kulit putih cerah bersinar. Padahal, tahukah Anda bila kulit berwarna gelap memiliki keuntungannya tersendiri loh. Ya, menurut sebuah penelitian, orang yang memiliki kulit gelap lebih sehat dibandingkan kulit putih.

Berikut ini adalah beberapa manfaat memiliki kulit gelap, sebagaimana dilansir Livestrong, Jumat (25/8/2017).

BACA JUGA:

Terlindung dari paparan sinar matahari

Semua orang memiliki jumlah melanosit yang sama, apa pun warna kulitnya. Tapi, yang membedakan adalah ukuran melanosit. Semakin besar ukuran melanosit yang dimiliki maka semakin gelap kulit seseorang.

Namun, keuntungan yang paling penting memiliki jumlah melanin yang banyak di kulit adalah mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Ini akan membuat kulit terlindungi dari efek jangka pendek seperti kulit terbakar.

Kulit tampak awet muda

Dermatolog Susan C. Taylor mengungkapkan bahwa mereka yang berkulit gelap umumnya tampak awet muda dibandingkan orang yang memiliki kadar melanin sedikit pada kulitnya. Banyaknya jumlah melanin pada kulit bisa terlindungi dari efek buruk sinar matahari serta tanda-tanda penuaan, seperti bintik-bintik hitam hingga keriput.

Menangkal radikal bebas

Radikal bebas menjadi salah satu penyebab kerusakan kulit. Namun, bagi Anda yang berkulit gelap tampaknya perlu bersyukur karena peranan melanin di dalam sel kulit bisa menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit.

BACA JUGA:

Nyakim Gatwetch, si "Ratu Kegelapan" Model Cantik Berkulit Hitam Legam Asal Sudan

Mengurangi risiko kanker kulit

Memiliki pigmen melanin dalam jumlah banyak membuat orang berkulit gelap lebih banyak terlindungi dari paparan sinar matahari dibandingkan mereka yang berkulit putih. Inilah yang kemudian membuat paparan sinar UV yang mengenai kulit orang hitam tidak mudah rusak sehingga mengurangi terkena risiko kanker kulit. Terutama jenis yang lebih umum dikenal sebagai kanker kulit sel basal dan skuamosa.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini