nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap, Ini Alasan Orang Inggris Menambahkan Susu ke dalam Secangkir Teh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 25 Agustus 2017 11:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 25 298 1762786 terungkap-ini-alasan-orang-inggris-menambahkan-susu-ke-dalam-secangkir-teh-OFdPPG0cIG.jpg Tradisi Minum Teh (Foto:Thesun)

MEMINUM teh di sore hari atau dikenal dengan sebutan Afternoon Tea, merupakan sebuah tradisi yang sudah melekat dalam kebudayaan Inggris. Tradisi ini sudah dilakukan oleh bangsawan Inggris pada awal abad ke-18.

Pada saat itu, Putri ke-7 Bedford bernama Anna, mengeluh bahwa dirinya selalu dirundung perasaan tidak enak saat menjelang sore hari. Pihak kerajaan pun melakukan berbagai cara untuk menenangkan perasaan Anna. Namun tak disangka, solusi yang selama ini mereka cari berhasil didapatkan dari suguhan teh hangat dan beberapa camilan ringan sebagai pelengkapnya.

BACA JUGA:

URBAN FOOD: Manisnya Telur Ceplok Kecap atau Gurihnya Telur Laksa untuk Makan Siang si Kecil

URBAN FOOD: Nikmat Serba Saus Asam Manis, yang Murah Pakai Tempe atau Mahal Sedikit dengan Udang

Setelah kejadian tersebut, tradisi meminum teh di sore hari mulai dikenal seantero Inggris, bahkan di seluruh dunia. Uniknya, ternyata ada beberapa orang yang kerap menambahkan susu segar pada cangkir sebelum menuangkan teh dan mengaduknya.

Namun, tahukah Anda bahwa penambahan susu segar ini tidak ada kaitannya dengan cita rasa minuman tersebut?

Dilansir dari The Sun, Jumat (25/8/2017), seorang pengunjung Cheltenham Science Festival menerangkan, penambahan susu sebelum teh diseduh bertujuan untuk mencegah cangkir tidak retak ketika air panas dituangkan. Hal ini membuktikan bahwa susu tidak ada kaitannya dengan rasa manis meski telah dicampur dengan teh.

“Ketika teh diimpor pertama kali ke Inggris pada abad ke-18, banyak masyarakat yang tidak mampu membeli cangkir teh berkualitas. Cangkir mereka tidak bisa menahan suhu panas air, sehingga mereka harus menambahkan susu segar sebelum menuangkan air panas,” tutur Simon Hill.

BACA JUGA:

Ya Ampun, Alpukat Ini Punya Ukuran Mini Dijual dalam Kemasan Telur

Maskapai Asal Inggris Ciptakan Menu Khusus untuk Penumpang Stres dan Jetlag, Mulai dari Es Krim hingga Mochi Lavender

Teori lain menyebutkan, susu juga berfungsi untuk mengurangi rasa pahit yang dihasilkan teh. Kebiasaan ini selalu dilakukan oleh mereka yang tidak mampu membeli teh berkualitas baik.

Namun demikian, sebagian besar masyarakat Inggris tetap menyukai teh dengan cita rasa original tanpa tambahan gula sama sekali. Seperti yang disampaikan oleh novelis legendaris George Orwell.

“Bagaimana bisa Anda menyebut diri Anda sebagai pencinta teh, jika Anda menghancurkan rasa asli teh dengan mencampurkan gula di dalamnya? Lebih baik Anda menambahkan lada atau garam karena sudah seharusnya teh memiliki rasa pahit seperti bir,” ujar Orwell.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini