Waspada! Makanan yang Anda Konsumsi Bisa Mengandung Penyakit Bawaan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 25 Agustus 2017 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 25 481 1762652 waspada-makanan-yang-anda-konsumsi-bisa-mengandung-penyakit-bawaan-Nkg6H4S52G.jpg Ilustrasi (Foto: Refoxrelocation)

APAKAH Anda tergolong dalam manusia selektif memilih makanan? Jika iya, apakah Anda sudah yakin dengan makanan yang Anda konsumsi itu bebas bahaya atau tidak? Percaya pada label "import" saja rasanya tidak menjamin apa yang Anda konsumsi berbuah baik untuk kesehatan.

(Baca Juga: Lagi, Pernikahan Beda Usia, Nenek 75 Tahun Nikahi Seorang Perjaka di Kalimantan!)

Seperti yang ditegaskan Guru Besar Gizi Masyarakat Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, makanan yang datang dari luar negeri belum tentu baik untuk kesehatan tubuh. Bahaya patogen yang berasal dari penggunaan pestisida dalam pangan import menjadi ancaman yang kadang terabaikan.

"Kewaspadaan akan pangan yang Anda konsumsi menentukan bagaimana kesehatan tubuh Anda sendiri. Tidak hanya pada makanan import, makanan dalam negeri sendiri juga tetap mendapatkan penanganan pembersihan yang tepat," katanya saat diwawancarai Okezone di ruang AMG Connect IPB, Bogor, belum lama ini.

(Baca Juga: UNIK! Gunakan Make-Up Opera Tradisional, Dokter di China Bikin Pasien Betah Berobat)

Pada setiap buah dan sayur yang Anda konsumsi setiap hari, risiko patogen di dalamnya tentunya ada. Pestisida yang digunakan petani sebagai upaya perbaikan kualitas pangan malah menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa patogen yang dianggap cukup banyak ditemukan di pangan.

(Baca Juga: Selain Deteksi Dini Gejala, Jalani Gaya Hidup Sehat Jadi Upaya Terbaik Cegah Brain Attack yang Mematikan)

Antara lain bakteri Salmonella, sp, pestisida itu sendiri, kandungan gelas, streples, formalin, boraks, pewarna tekstil, atau bahan tambahan pangan (BTP) yang kurang cocok untuk tubuh manusia. Patogen-patogen tersebut tentunya jika dikonsumsi dalam jumlah besar akan berdampak pada kualitas gizi Anda.

(Baca Juga: WASPADA! Brain Attack Bisa Terjadi Kapan Saja, Gejalanya Bentuk Wajah Miring Sebelah)

Namun, apakah Anda mengetahui bahwa pangan yang rutin Anda konsumsi berisiko menyimpan penyakit bawaan? Prof. Ali coba menjelaskan hal tersebut. Menurut dia, sudah secara alamiah, pada beberapa makanan mengandung zat berbahaya yang tidak bisa ditoleransi oleh sistem imun manusia.

Jika Anda mengonsumsi pangan yang mengandung penyakit bawaan, risiko yang bakal terjadi antara lain konsekuensi serius dan fatal bagi anak-anak, ibu hamil, lanjut usia, atau mereka yang sistem imunnya sedang lemah. Kemudian, bahaya yang mengancam orang sehat adalah risiko demam, diare, mual, muntah, atau perut terasa sangat sakit.

"Masalah lebih serius seperti komplikasi bisa terjadi. Apalagi jika Anda tidak menerapkan kebersihan yang baik pada setiap pangan yang akan dikonsumsi," tegas Prof. Ali.

Secara spesifik, Prof. Ali menuturkan bahayanya pestisida pada kesehatan manusia. Berikut penjelasannya yang coba Okezone rangkum:

1. Pestisida dapat menyebabkan kanker dan cacat kelahiran. Selain itu, pestisida juga bisa menyebabkan gangguan di sistem syaraf, endokrin, sistem reproduksi, dan sistem imun tubuh.

2. Pestisida juga berisiko pada kesehatan janin, bayi, dan anak-anak. Masalah tersebut terjadi karena bayi belum mampu mendetoksifikasi tubuhnya sendiri, sehingga masalah kesehatan mudah sekali menyerang tubuhnya.

3. Paparan pestisida pada ibu hamil meningkatkan risiko leukimia pada anak-anak. Kemudian, berisiko juga meningkatkan Non-Hodgkin's lymphoma. Sementara itu, paparan pestisida pada tiga bulan sebelum konsepsi dan selama kehamilan meningkatkan keguguran spontan. Yang mungkin banyak dialami ibu hamil dari paparan pestisida adalah kurangnya stamina dan sistem kognitif anak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini