nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sariawan Tidak Kunjung Sembuh, Normal atau Gejala Kanker Mulut?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 25 Agustus 2017 11:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 25 481 1762854 sariawan-tidak-kunjung-sembuh-normal-atau-gejala-kanker-mulut-NxRPmme7df.jpg Ilustrasi (Foto: Indiatimes)

SEDANG mengalami sariawan? Sudah berapa lama sariawan itu menetap? Apakah nyerinya berlebih atau malah tidak ada rasanya sama sekali padahal kondisi lukanya besar?

Pertanyaan seperti itu akan ditanyakan dokter penyakit mulut ketika Anda menderita sariawan yang tak kunjung sembuh. Pertanyaan tersebut juga akan menjadi diagnosa dokter terkait dengan kemungkinan masalah yang lebih serius, yaitu kanker mulut.

(Baca Juga: Lagi, Pernikahan Beda Usia, Nenek 75 Tahun Nikahi Seorang Perjaka di Kalimantan!)

Sebelumnya, apakah sariawan bisa menjadi pertanda kanker mulut? Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut RS Pondok Indah - Pondok Indah, Dr. drg. Febrina Rahmayanti, SpPM, menjawab bisa. Apalagi jika kondisi sariawannya itu tidak kunjung sembuh.

"Kalau Anda menderita sariawan lebih dari 3 minggu, sebaiknya periksakan masalah tersebut ke dokter yang tepat. Jangan pernah anggap sepele sariawan. Durasi yang lama itu menjadi salah satu gejala dini kanker mulut," katanya pada Okezone saat diwawancarai langsung di bilangan Jakarta Pusat, Kamis 24 Agustus 2017.

(Baca Juga: UNIK! Gunakan Make-Up Opera Tradisional, Dokter di China Bikin Pasien Betah Berobat)

Perlu Anda ketahui, sariawan normal biasanya terjadi hanya dalam kurun waktu 7 sampai 14 hari. Dengan penanganan yang tepat dan rutin, tentunya masalah sariawan bisa diatasi dengan cukup mudah. Yang menjadi masalah adalah ketika durasi lamanya penyakit melebihi 14 hari itu.

Kemudian, yang perlu Anda perhatikan lainnya adalah lokasi sariawan tersebut. Pada beberapa kasus kanker mulut, sambung drg. Febrina, titik luka sariawannya itu selalu sama. Jadi, ketika sariawan itu sembuh dan muncul lagi, letaknya di tempat yang sama.

(Baca Juga: Selain Deteksi Dini Gejala, Jalani Gaya Hidup Sehat Jadi Upaya Terbaik Cegah Brain Attack yang Mematikan)

Lebih lanjut, ketika sariawan itu Anda raba, teksturnya lebih keras dibandingkan sariawan pada biasanya. Jadi, bukan hanya luka cekung yang biasanya ditandai dengan warna putih di bagian atasnya, tetapi juga ada tekstur yang keras di sekitar luka tersebut.

Tak hanya itu, sariawan yang menjadi gejala kanker mulut juga ditandai dengan rasa nyeri yang tidak sebanding dengan ukuran sariawannya. "Misal, ketika dilihat sariawannya ternyata besar, tapi ketika pasien ditanya mengenai rasa sakit, dia menjawab tidak begitu nyeri," tambah drg. Febrina.

(Baca Juga: WASPADA! Brain Attack Bisa Terjadi Kapan Saja, Gejalanya Bentuk Wajah Miring Sebelah)

Jadi, Anda perlu waspada ketika sariawan Anda besar-besar tetapi untuk aktivitas mulut terbilang berjalan normal. Tidak membuat Anda sulit menelan atau tidak terasa sakit saat Anda mengunyah atau memasukan pangan ke dalam mulut.

Sementara itu, drg. Febrina menambahkan sedikit, sariawan juga bisa jadi tanda atau gejala dari anemia. Yang cukup mudah dikenali adalah di bagian sekitar sariawan, biasanya gusi menjadi bengkak. Kemudian sariawan juga terasa cukup nyeri dan tentunya membuat Anda sulit untuk beraktivitas seperti biasanya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini