nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mudah Atasi Kapalan, Rendam dengan Air Hangat Selama 10 Menit, Kulit Mati Akan Terangkat

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 25 Agustus 2017 14:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 25 481 1762940 cara-mudah-atasi-kapalan-rendam-dengan-air-hangat-selama-10-menit-kulit-mati-akan-terangkat-WHCZBHppY1.jpg Ilustrasi (Foto: Livestrong)

BANYAK orang yang menganggap kapalan adalah masalah yang sepele. Pada beberapa orang, kapalan bisa disertai dengan rasa sakit. Kapalan atau kalus adalah penebalan kulit kaki yang terjadi karena tekanan atau iritasi.

(Baca Juga: Lagi, Pernikahan Beda Usia, Nenek 75 Tahun Nikahi Seorang Perjaka di Kalimantan!)

Walaupun sering terjadi di kaki, kapalan juga bisa muncul di angota tubuh lain seperti tangan, siku, dan lutut. Kapalan muncul apabila telapak kaki terlalu sering bergesekan dengan sesuatu. Tak jarang bila kaki terkena kapalan, orang merasa seperti berjalan di atas batu. Ciri-ciri kapalan meliputi benjolan yang keras, daerah kulit yang tebal dan kasar.

(Baca Juga: UNIK! Gunakan Make-Up Opera Tradisional, Dokter di China Bikin Pasien Betah Berobat)

Dilansir dari Medical News Today, Jumat (25/8/2017), kapalan tidak hanya disebabkan oleh tekanan atau gesekan. Faktor lain yang bisa menyebabkan kapalah adalah sepatu yang terlalu ketat atau haknya terlalu tinggi, jahitan buruk di sepatu, kaus kaki yang tidak pas, dan berjalan tanpa alas kaki secara teratur.

(Baca Juga: Selain Deteksi Dini Gejala, Jalani Gaya Hidup Sehat Jadi Upaya Terbaik Cegah Brain Attack yang Mematikan)

Biasanya, kapalan lebih sering terjadi pada orang yang usianya lebih tua karena adanya sedikit jaringan lemak di kulit. Umumnya kapalan akan menghilang dengan sendirinya. Tapi tak jarang kapalan bisa menimbulkan rasa sakit yang cukup meradang. Jika Anda mengalami hal ini, Anda harus segera menemui dokter agar mendapat pertolongan medis.

Berikut cara mudah untuk menghilangkan kapalan apabila Anda sudah merasa tidak nyaman;

Berendam di air hangat

Rendam bagian kaki atau tangan di air hangat selama 5 – 10 menit. Kemudian, Anda bisa menggoreskan batu apung ke kapalan dengan gerakan melingkar atau menyamping. Hal itu bisa membantu mengangkat kulit mati.

Gunakan pelembab

Agar kapalan hilang, Anda juga bisa menggunakan pelembab yang mengandung asam urea atau amonium laktat. Keduanya membantu melembutkan kulit kering dan menghilangkannya. Gunakan secara teratur setiap harinya.

(Baca Juga: WASPADA! Brain Attack Bisa Terjadi Kapan Saja, Gejalanya Bentuk Wajah Miring Sebelah)

Pergi ke dokter

Bila kapalan menyebabkan rasa sakit dan tidak bisa ditahan, ada baiknya Anda segera menemui dokter. Terutama bila Anda mengalami masalah kulit rapuh dan peredaran darah atau terkena diabetes. Dokter adalah orang yang tahu secara pasti perawatan apa yang harus Anda lakukan.

Pastikan ukuran sepatu dan kaus kaki tepat

Saat kapalan sudah menghilang, Anda harus memperhatikan alas kaki yang biasa digunakan khususnya sepatu. Bila sepatu Anda mulai terasa sempit, ada baiknya segera menggantinya dengan yang baru. Selain itu, saat membeli yang baru pastikan ukurannya pas.

Sebab, sepatu kekecilan ataupun kebesaran sama-sama berisiko menyebabkan kapalan. Anda juga harus memerhatikan dengan benar jahitan atau bantalan pelindung pada sepatu. Semuanya itu harus membuat Anda terasa nyaman saat memakainya, termasuk dengan kaus kaki yang Anda gunakan

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini