OKEZONE WEEK-END: Yuk Coba di Rumah, Racikan Nikmat Aneka Latte Berbasis Espresso, Enggak Kalah dari Buatan Coffee Shop!

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 27 Agustus 2017 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 26 298 1763586 okezone-week-end-yuk-coba-di-rumah-racikan-nikmat-aneka-latte-berbasis-espresso-enggak-kalah-dari-buatan-coffee-shop-Umn4E2gLq2.jpg Ilustrasi (Foto: Crnbelo)

KETIKA berkunjung ke coffee shop, pasti Anda tak asing dengan nama-nama kopi latte, cappucino, piccolo, macchiato, hingga flat white. Kira-kira apa sih perbedaan dari minuman tersebut?

Nama-nama kopi tersebut paling dipesan banyak orang saat ngopi sembari bekerja. Minuman ini tidak memiliki rasa kopi yang terlalu strong, karena ada tambahan susu.

(Baca Juga: Sariawan Tidak Kunjung Sembuh, Normal atau Gejala Kanker Mulut?)

Anda tak perlu bingung memesan kopi yang mana saat singgah ke coffee shop. Semua rasanya nikmat, apalagi kalau diminum bersama teman atau orang terdekat lainnya.

(Baca Juga: Identik dengan Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 6 Manfaat Ini Lho)

Perbedaannya sangat banyak sekali dari semua jenis minuman yang kita kenal. Tetapi dari komposisi bahan utamanya hampit serupa.

Hanya saja, ada perbedaan dari takaran dan cara pembuatannya. Dirangkum Okezone, Sabtu (26/8/2017), berikut adalah resep membuat kopi yang nikmat, sekaligus ulasan perbedaan dari setiap jenis minuman. Yuk simak lebih lanjut!

Cafe latte

(Foto: Telegraph)

Dalam bahasa Italia cafe latte diartikan sebagai kopi susu. Bahan dasarnya terdiri espresso dan susu. Adapun perbandingannya yakni 2:1 alias double shot espresso dan susu yang sudah diubah menjadi foam sebanyak 50% dari cangkir.

Sebelum menjadi cafe latte, pembuatan espresso dibantu dengan mesin. Begitu juga dengan susunya yang di-steam dengan alat yang sama.

(Baca Juga: Kaya Nutrisi, Makan Biji Semangka Rebus Bantu Hilangkan Jerawat hingga Meningkatkan Kesuburan Pria)

Lalu, barista biasanya membutuhkan 70 gram kopi untuk membuat espresso. Setelah itu, keduanya dituang dalam cangkir yang sudah dibilas dengan air panas.

Slurrpp, saat diseruput cafe latte terasa lebih creamy dari susunya dibanding espressonya tidak terlalu strong. Cara terbaik untuk minum latte yakni menggunakan biji single origin karena tak ada tingkat keasaman dari kopinya.

Ditambah lagi dengan keunikan latte art yang mengombinasikan seni menuang foam susu di wadah cangkir berisi espresso. Biasanya latte art yang menarik bisa membuat pecinta kopi terlena dan sayang menyeruput minumannya.

Cappucino

(Foto: Telegraph)

Siapa yang tak suka minum hot atau ice cappucino saat bertandang ke restoran atau coffee shop. Minuman ini menjadi primadona di semua tempat ngopi. Perlu Anda tahu, bagi penduduk Italia, minum cappuccino menjadi satu hal wajib sama dengan minum espresso.

Jika Anda ingin membuatnya sendiri, komposisi cappuccino hampir sama dengan cafe latte. Hanya saja kebutuhan susu dan foam yang dibutuhkan lebih sedikit. Segelas cappucino dibuat dari 70 gram kopi yang diubah menjadi espresso. Sementara itu, tambahkan susu steam dan foam susu yang berbeda. Tuang ke dalam cangkir dan jangan lupa beri hiasan latte art.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone, setiap orang ngopi paling sering memesan cappucino. Kebiasaan ini hampir terjadi di sebagian coffee ternama di Jakarta. Ya, minuman ini ramah di mulut karena tidak meninggalkan after taste kopi yang membuatnya asam dan pahit yang terlalu mengganggu di lidah.

Macchiato

(Foto: Nespresso)

Selain cafe latte dan cappucino, jenis minuman kopi macchiato juga digemari banyak orang. Cara membuatnya yakni dalam cangkir berukuran kecil, pakai double shot espresso agar rasa kopi lebih strong. Sebelumnya siapkan cangkir yang telah diisi foam susu. Lalu tuangkan foam tersebut agar menjadi secangkir macchiato. Ada dua cara penyajian macchiato, yakni espresso macchiato dan latte macchiato.

(Baca Juga: Cara Mudah Atasi Kapalan, Rendam dengan Air Hangat Selama 10 Menit, Kulit Mati Akan Terangkat)

Umumnya, orang memesan minuman latte macchiato yang ditambahkan dengan sirup caramel. Tadaa! Jadilah segelas minuman caramel macchiato yang dapat melepaskan dahaga karena rasanya manis nan unik.

Tapi tahukah Anda, cara minum caramel macchiato yang tepat yaitu bukan diaduk langsung saat kopi disajikam. Melainkan Anda harus menikmati bagian pahit dari kopinya lebih dulu di bagian atas cangkir. Barulah semakin ke bawah, Anda akan mendapatkan citarasa creamy dan manis caramel dalam secangkir minuman tersebut.

Flat white

(Foto: Theguardian)

Apa beda flat white dan cafe latte? Tentu ada bedanya dong. Pada flat white teknik pembuatan foam susulah yang berbeda. Komposisinya dalam secangkir terdiri dari 1/3 kopi espresso ditambah dengan foam susu yang di-steam secara berbeda, dengan komposisi 2/3 gelas. Flat white biasanya dijual di gerai kedai kopi konvensional yang juga diminati banyak pelanggan.

Sementara latte, cenderung ke bahan susu yang lebih banyak, sehingga membuat rasa latte lebih ringan. Minuman ini banyak dipesan oleh siapa saja saat menghabiskan waktu santai di coffee shop.

Piccolo latte

(Foto: Coffeeclub)

Bagi pecinta kopi yang suka minum dengan citarasa lebih strong, tetapi juga lebih nikmat dengan foam susu, pilihlah memesan piccolo latte. Cara pembuatannya biasa terdiri dari komposisi bahan double espresso sekira 60 ml. Lalu tambahkan susu steam yang dituang dengan milk jug sekira 30-60 ml. Jangan lupa tambahkan sedikit foam susu pada masing-masing cangkir ukuran kecil agar rasanya lebih creamy dan lembut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini