OKEZONE WEEK-END: Patut Dicoba! Teknik Mudah Seduh Kopi Pakai Manual Brew, Tanpa Kurangi Citarasa Asam dan Pahit Biji Kopinya

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 27 Agustus 2017 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 26 298 1763595 okezone-week-end-patut-dicoba-teknik-mudah-seduh-kopi-pakai-manual-brew-tanpa-kurangi-citarasa-asam-dan-pahit-biji-kopinya-hN0GZJZyml.jpg Teknik seduh kopi pour over (Foto: Time)

TEKNIK menyeduh kopi ternyata tak cuma menggunakan coffee maker otomatis atau mesin yang canggih loh. Anda juga bisa membuat kopi sendiri di rumah dengan alat-alat sederhana pembuat kopi, tetapi tidak meninggalkan rasa nikmatnya minuman tersebut.

(Baca Juga: Cara Mudah Atasi Kapalan, Rendam dengan Air Hangat Selama 10 Menit, Kulit Mati Akan Terangkat)

Pasti Anda tak asing dengan metode pembuatan kopi tubruk, pour over atau V60, Aero Press, moka pot, hingga Vietnam Drip. Semua alatnya bisa Anda beli di toko, lalu menyimpannya di rumah.

(Baca Juga: Kaya Nutrisi, Makan Biji Semangka Rebus Bantu Hilangkan Jerawat hingga Meningkatkan Kesuburan Pria)

Anda tak perlu lagi sering datang ke coffee shop jika bisa membuat sendiri di rumah. Harga alat-alat ini juga tak mahal dan cukup mudah dicari.

(Baca Juga: Identik dengan Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 6 Manfaat Ini Lho)

Tinggal Anda menyiapkan kopi single origin dari biji arabika atau robusta yang sudah digiling kasar. Sebelum menyeruput, Anda bisa menyeduh dengan berbagai metode yang disebutkan.

(Baca Juga: Sariawan Tidak Kunjung Sembuh, Normal atau Gejala Kanker Mulut?)

Mari kita mengenali satu per satu metode pembuatan kopi yang dikenal dengan istilah manual brew. Berikut dengan resepnya, dirangkum Okezone, Minggu (27/8/2017).

Kopi tubruk

Unik loh, kopi tubruk hanya sering dibuat oleh penduduk Indonesia. Tampaknya teknik pembuatan kopi tubruk sangat mudah, padahal tidak. Alat yang dibutuhkan untuk membuat kopi tubruk hanya gelas dan ketel untuk air panas. Suhu air yang digunakan dalam pembuatan kopi tubruk yakni di atas 90 derajat Celsius. Karena semakin panas suhu air, taste dan flavour kopi tubruk bisa menyatu.

Cara membuatnya, tuangkan bubuk kopi ke dalam gelas yang sudah dibilas air panas. Lalu, siram kopi dengan air panas dalam ketel. Agar kopi cepat berpisah dengan ampas tunggu sampai 10 menit. Tapi ciri khas minum kopi tubruk yakni dengan sedikit ampasnya yang menempel di lidah.

V60 atau pour over

Saat datang ke coffee shop pasti Anda pernah mslihat alat berbentuk kerucut yang sering dipakai oleh barista untuk membjat kopi. Teknik seduh ini dikenal dengan istilah V60 atau pour over. Alat yang harus Anda siapkan berupa coffee filter segitiga yang berbahan kertas, server dan filter V60.

Resepnya siapkan 20 gram kopi yang sudah dihaluskan medium fine dan air panas dengan suhu antara 85-90 derajat celcius sebanyak 180 ml. Siapkan semua alat yang sudah tersedia, pasang coffee filter hingga menutupi bagian alat berbentuk kerucut, lalu bawahnya pasang server.

Sebelumnya basahi dulu kertas filter dengan air panas agar memudahkan penyaringan kopi. Tuangkan kopi ke dalam filter, lalu seduh dengan air panas sesuai suhunya. Metodenya bisa menyeduh atau pouring center satu arah atau menuangkan airnya diputar.

Pembuatan kopi dengan metode ini biasanya bertujuan untuk mendapat taste dan flavour yang baik dari biji kopi yang diseduh. Gunakan biji kopi hitam berkualitas baik, supaya citarasanya membuat Anda mudah menikmatinya.

Aero Press

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kopi dengan alat Aero Press hampir sama dengan V60. Gunakan biji kopi favorit dan terbaik untuk diminum di waktu santai. Anda harus menyiapkan sekira 15 gram biji kopi dengan 200 ml air atau sesuai selera.

Siapkan alat Aero Press berbentuk tabung kecil yang sebelumnya telah dipasang kertas filter untuk menghilangkan ampas. Basahi dulu semuanya dengan air panas alatnya sebelum menyeduh kopi. Jangan lupa letakkan server di bawahnya. Tuangkan kopi yang sudah digiling medium ke dalam tabung beserta air sesuai suhunya. Lalu, press perlahan-lahan sampai menghasilkan kopi seduh di dalam server yang mantap dinikmati dengan gelas yang juga telah disiapkan.

Vietnam Drip

Anda tentu mengenal teknik pembuatan kopi Vietnam Drip. Cara membuatnya berbeda dengan dua teknik di atas. Alatnya juga berbeda, tetapi sama-sama bisa menyaring kopi dari ampasnya.

Ciri khas dari vietnam drip yakni ada tambahan susu kental manis yang menjadi citarasa berbeda. Jika Anda ingin membuatnya, tentu siapkan alatnya dan biji kopi yang sudah digiling medium.

Tuang sekira 10 gram bubuk kopi ke dalam alatnya, lalu tuang air panas bersuhu 90 derajat Celsius perlahan-lahan. Di bawah alat siapkan gelas yang sudah diiisi susu kental manis sebagai server.

Membuat kopi Vietnam Drip harus benar-benar ekstra sabar. Karena untuk mendapatkan kopi yang baik dengan taste yang mantap, kopi seduh akan tersaring tanpa ampas dalam waktu paling lama 10 menit.

Moka Pot

Kalau Anda ingin membuat espresso di rumah tanpa harus memiliki coffee maker, pakai saja moka pot. Cara pemakaian alat ini yakni dengan memasak di atas api kecil.

Tuangkan air panas dan bubuk kopi yang sudah digiling kasar di bagian bawah moka pot. Letakkan moka pot di atas kompor dengan api kecil. Lalu perlahan-lahan espresso yang bercita rasa mantap bisa Anda dapatkan dengan sempurna.

Kemudian nikmati dengan segelas kecil espresso di pagi hari atau di waktu senggang. Mau mencobanya?

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini