nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Karnaval Pesona Parahyangan 2017 Viral di Medsos, Batman & Cepot Curi Perhatian

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Sabtu 26 Agustus 2017 14:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 26 406 1763648 karnaval-pesona-parahyangan-2017-viral-di-medsos-batman-cepot-curi-perhatian-lN2jY3iPtu.jpg Foto: Karnaval Pesona Parahyangan

EUFORIA perayaan Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia masih terus digaungkan di berbagai daerah. Semua dilakukan demi memperkenalkan serta melestarikan tradisi dan budaya lokal demi mempererat rasa persaudaraan serta memperkuat nasionalisme. 

Seperti perayaan bertajuk "Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017" yang digelar di kota Bandung tepat hari ini, Sabtu (26/8/2017).

Baca Juga: Ya Ampun, Wanita Aljazair Rela Menahan Sakit karena Tato di Wajah demi Dipuji Cantik

Pada Karnaval Pesona Parahyangan ini tak hanya peserta yang mengenakan kostum adat nan eksotis. Pasalnya penonton juga diminta untuk eksis berbusana tradisional. Ini jadi keunikan sendiri karena sebagai penonton juga bisa merasakan sensasi menjadi peserta karnaval. 

Hajatan masyarakat yang digelar Pemerintah Kota Bandung bersama Kementrian Pariwisata ini dijadwalkan akan mulai pada siang pukul 14.00 hingga sore hari. Kegiatan juga rencananya akan berlanjut dengan aneka hiburan rakyat hingga malam menjelang. 

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil juga memastikan semua persiapan karnaval sudah siap. On the track. Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 sebagai rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-72 siap digelar.

“Hingga saat ini, Pemkot Bandung tengah bekerja keras untuk melakukan persiapan teknis terkait pelaksanaan karnaval kemerdekaan,” ujar Ridwan Kamil dalam siaran pers. 

Baca Juga: Berniat Beli Rumah dengan Fasilitas Bandara? Syaratnya Harus Punya Hobi Ini

Sederet persiapan yang dikabarkan sudah beres antara lain prosesi seremonial acara pembukaan, kendaraan hias, busana khusus presiden hingga kesiapan seluruh peserta karnaval. Persiapan lainnya yang juga tak kalah penting adalah sterilisasi rute yang akan dilalui peserta karnaval. 

Ratusan peserta karnaval akan melalui rute dari Gedung Sate di Jalan Diponegoro, Taman Vinda hingga Balaikota Bandung. Terkait hal ini, seluruh jalan yang dilalui karnaval ditutup secara total. Kantung-kantung parkir kendaraan juga sudah disiapkan di beberapa titik sekitar area karnaval.

“Karnaval dimulai dari depan Gedung Sate. Dari sana, peserta menuju ke Taman Vanda melalui Jalan Ir H Juanda (Jalan Dago) dan Jalan Merdeka, rangkaian akan melanjutkan perjalanan menuju alun-alun Masjid Raya di Jalan Asia Afrika,”

“Media, jadikan ini viral, agar aura kebahagiaan menular ke seluruh Indonesia. Tolong di-zoom orang-orang yang bergembira sehingga yang menonton juga bisa merasakan kebahagian,” bebernya.

Tiba di Kota Bandung pukul 11.45 WIB, Presiden dan Ibu Iriana akan mengawali Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 dengan menaiki Kereta Pancasila. Yakni mobil hias hasil rancangan lima seniman Kota Kembang. Dari desain mobil hias tersebut menyiratkan makna budaya kerja dan gotong royong dalam laku budaya kebersamaan. 

Terkait lini peserta yang turut memeriahkan acara ini, Kang Emil merinci setidaknya ada kurang lebih 43 kontingen dari berbagai unsur lintas budaya, komunitas, provinsi, kota maupun kabupaten yang ada di Indonesia. 

Tak kalah optimisnya dengan Kang Emil, Menteri Pariwisata Arief Yahya juga sangat berharap penyelenggaraan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 dapat berlangsung dengan lancar. 

BACA JUGA: Foto-Foto Konyol yang Bisa Jadi Inspirasi saat Liburan

“Karnaval kali ini merupakan puncak perayaan nasional HUT RI ke-72 di Indonesia. Pawai ini akan menampilkan ragam budaya khas tiap provinsi," ujar Menpar.

Untuk menambah semaraknya festival, 3 karnaval terbaik dan populer di Indonesia juga akan tampil, yakni Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnaval dan Tomohon Flower Carnaval yang siap berbaur menghibur warga Bandung.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini