nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lestarikan Seni Budaya, Kulonprogo Hadirkan Festival Kampoeng Nusantara

Tentry Yudvi, Jurnalis · Senin 28 Agustus 2017 09:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 26 406 1763847 lestarikan-seni-budaya-kulonprogo-hadirkan-festival-kampoeng-nusantara-GwnB9mS4Rj.jpg Kulonprogo (Foto: travelakurat)

PESONA Indonesia tak melulu mengenai panorama alamnya saja. Namun, Seni dan Budaya juga menjadi salah satu pembentuk identitas bangsa Tanah Air. 

Namun, sayangnya kini pertunjukan seni kurang banyak menarik antusias wisatawan Nusantara, padahal dengan menonton dan mengenal pertunjukan seni dan budaya turut sumbangsih identitas negeri Ibu Pertiwi. 

Baca Juga: Ya Ampun, Wanita Aljazair Rela Menahan Sakit karena Tato di Wajah demi Dipuji Cantik

Untuk itu, salah satu kabupaten kota penghasil seni yakni Kulon Progo, menghadirkan Festival Kampoeng Nusantara, yang menjadi ajang tahunan untuk menarik perhatian wisatawan dunia dan Nusantara. 

“Penyelenggaraan event Kulfest Kampoeng Nusantara sebagai upaya memperkuat unsur atraksi, sedangkan hadirnya bandara baru Yogyakarta akan memperkuat aksesibilitas, dan diikuti dengan penguatan amenitas yang semuanya ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Yogyakarta khususnya di Kabupaten Kulonprogo,” kata Arief Yahya dari berita rilis yang diterima Okezone.

BACA JUGA: Foto-Foto Konyol yang Bisa Jadi Inspirasi saat Liburan

Dalam kesempatan ini, acara tersebut akan menghadirkan seni budaya tradisional yang dipadukan dengan modern. Maestro tari Didik Ninik Thowok menjadi salah satu penghibur, tarian khasnya yang menampilkan keuletan dan kemolekan tubuhnya itu dijamin bisa menari wisatawan untuk datang. 

“Event festival seni budaya sebagai upaya melestarikan dan mengembangan seni budaya masyarakat. Hal ini sejalan dengan prinsip pariwisata ‘semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan,” lanjutnya. 

Pasalnya seiring berkembangnya era modernisasi dan digital, kehadiran seni budaya kurang dilirik. Untuk itu, sang Maestro dihadirkan untuk memperkenalkan beragam kesenian daerah melalui tarian Nusantara. 

Baca Juga: Berniat Beli Rumah dengan Fasilitas Bandara? Syaratnya Harus Punya Hobi Ini

"Semua tarian kreasinya selalu mengambil inspirasi dari tarian di seluruh Nusantara. Kegiatan pelestarian ini diharapkan agar kebudayaan Indonesia bisa diapresiasi masyarakat di Tanah Air juga seluruh dunia,” kata Didik Ninik Thowok.

Event Kulfest 2017 yang mengangkat tema ‘Kampoeng Nusantara’ tersebut akan berlangsung di Bendung Khayangan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada  24 – 26 November 2017 mendatang. 

(ade)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini