nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Kopi Bisa Atasi Kejang pada Anak, Mitos atau Fakta?

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 26 Agustus 2017 18:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 26 481 1763440 okezone-week-end-kopi-bisa-atasi-kejang-pada-anak-mitos-atau-fakta-rC4HbeACEf.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

MENGIKUTI tradisi yang sudah turun temurun dilakukan adalah kebiasaan yang lumrah. Ketika seorang anak berkeluarga, dia masih membutuhkan saran dari orangtuanya. Mulai dari mengurus rumah tangga, hingga cara merawat anak yang sedang sakit. Biasanya mereka meminta saran apa yang sebaiknya dilakukan agar anak cepat sembuh.

(Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Tak Selalu Berdampak Negatif untuk Kesehatan, Malas Bangun Pagi di Akhir Pekan Termasuk!)

Penyakit memang bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak kecil. Penyakit yang paling serang menyerang anak kecil adalah demam. Bila demam terlalu tinggi, bisa menyebabkan anak menjadi kejang. Apabila kondisi ini terjadi di rumah, tentu orangtua akan merasa panik dan bingung. Dia pasti langsung mencari bantuan ke orang-orang sekitar.

(Baca Juga: OKEZONE STORY: "Tanda Lahir Ini Menutupi Seluruh Tubuhku, Mereka Tertawa Sambil Memanggilku Monyet dan Dalmatian")

Anggapan yang berkembang di masyarakat adalah bila anak mengalami kejang sebaiknya diberikan kopi. Kopi diyakini bisa menghilangkan kejang pada anak. Tapi apakah benar kopi bisa diberikan pada anak kecil bila mereka mengalami kejang?

(Baca Juga: Cara Mudah Atasi Kapalan, Rendam dengan Air Hangat Selama 10 Menit, Kulit Mati Akan Terangkat)

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan kopi bisa bermanfaat untuk menurunkan kejang. Hal yang terjadi malah bisa sebaliknya. Menurut salah seorang ahli gizi, Jansen Ongko, M.Sc, R.D. memberikan kopi pada anak yang sedang kejang adalah tindakan yang salah.

“Anak kecil yang mengalami kejang tidak boleh diberikan kopi karena kopi mengandung stimulan yang mungkin bisa memperparah kejang,” tutur Jansen saat dihubungi Okezone melalui saluran telepon, Jumat 25 Agustus 2017.

Seperti yang kita ketahui, kopi mengandung kafein yang berfungsi sebagai stimulan. Stimulan ini bisa merangsang gerakan tubuh yang terjadi tidak secara otonom atau tidak dengan perintah seperti bernapas, jantung berdetak, dan kejang.

(Baca Juga: Kaya Nutrisi, Makan Biji Semangka Rebus Bantu Hilangkan Jerawat hingga Meningkatkan Kesuburan Pria)

Besar kemungkinan bila anak kecil yang kejang diberi kopi bisa membuat frekuensi kejangnya bertambah. Hal ini tentunya memperburuk kondisi anak. Ada sebaiknya bila anak kejang posisi tubuhnya dimiringkan dengan kepala sedikit lebih rendah agar anak tidak menelan cairan muntahnya. Orangtua bisa juga memberikan anak obat penurun panas yang diberikan melalui anus.

Jangan lupa untuk mencatat frekuensi kejang anak agar bisa dilaporkan ke dokter. Bila frekuensi kejang anak terlalu sering terjadi, segera bawa anak ke dokter agar cepat mendapatkan perawatan.

Selain memperparah efek kejang, memberikan kopi kepada anak bisa membuatnya sulit bernapas dan mengganggu sistem pencernaan. Efek yang lebih parah adalah kopi meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini