OKEZONE WEEK-END: Mulai Pikun? Minum 3 Cangkir Kopi per Hari Bantu Atasi Masalah Sering Lupa

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 26 Agustus 2017 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 26 481 1763453 okezone-week-end-mulai-pikun-minum-3-cangkir-kopi-per-hari-bantu-atasi-masalah-sering-lupa-HDhf1PVbuw.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

SALAH satu penyakit usia adalah kepikunan. Kinerja otak pada usia lanjut tidak lagi sama dengan mereka yang masih muda. Alhasil, penurunan kualitas otak itu membuat masalah demensia atau kepikunan muncul.

(Baca Juga: Cara Mudah Atasi Kapalan, Rendam dengan Air Hangat Selama 10 Menit, Kulit Mati Akan Terangkat)

Selain karena usia, pikun juga ternyata bisa dipicu karena kebiasaan sehari-hari yang salah. Sebut saja malas untuk bekerja atau terlalu banyak tidur. Kondisi demikian membuat aktivitas otak tak lagi maksimal. Ujung-ujungnya, ya, bisa pikun dini juga.

(Baca Juga: Kaya Nutrisi, Makan Biji Semangka Rebus Bantu Hilangkan Jerawat hingga Meningkatkan Kesuburan Pria)

Penderita demensia biasa disarankan untuk mengaktifkan lagi sistem kerja otaknya. Banyak melakukan kegiatan yang melibatkan otak menjadi salah satu treatment penyembuhannya. Ya, setidaknya mengurangi keparahan pikun yang sudah diderita.

Selain metode itu, ternyata minum kopi bisa jadi cara lain yang menyenangkan. Guru Besar Gizi Masyarakat IPB Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, menjelaskan, minum kopi bisa mencegah kepikunan dini. "Makanya, mereka yang tubuhnya dinyatakan aman mengonsumsi kopi, sangat dianjurkan untuk minum kopi. Salah satu manfaatnya untuk mencegah kepikunan," terangnya pada Okezone di IPB, Bogor, beberapa waktu lalu.

Prof. Ahmad menuturkan, mengonsumsi kopi berarti mengalirkan darah secara benar. Kinerja otak pun menjadi lebih maksimal, makanya faktor penyebab demensia bisa berkurang jika Anda rutin mengonsumsi kopi.

(Baca Juga: Identik dengan Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 6 Manfaat Ini Lho)

Sementara itu, data lain yang menyatakan kopi bisa menurunkan risiko kepikunan dilansir dari laman Express, Sabtu (26/8/2017). Dalam keterangannya, studi menjabarkan kenapa kopi ampuh atasi masalah tersebut.

(Baca Juga: Identik dengan Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 6 Manfaat Ini Lho)

Adalah kandungan kafein yang dimiliki kopi kuncinya. Jadi, diketahui bahwa kafein mampu melindungi otak melawan protein nakal yang menghancurkan neuron yang bersarang di otak. Anda yang rutin mengonsumsi kopi, dipercaya risiko demensianya berkurang hingga 27 persen. Hal tersebut juga berdampak baik pada penurunan risiko penyakit neurodegeneratif lainnya seperti Parkinson.

Penelitian lainnya coba menjelaskan berapa cangkir kopi yang tepat untuk mendapatkan manfaat ini secara maksimal. Peneliti dari Institute Scientific Information on Coffee (ISIC) mengungkapkan 3-5 gelas kopi per hari dianggap cukup tepat untuk cegah kepikunan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini