OKEZONE WEEK-END: Efek Samping Seruput Kopi Berlebihan, Meningkatkan Risiko Insomnia hingga Asam Urat

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 26 Agustus 2017 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 26 481 1763480 okezone-week-end-efek-samping-seruput-kopi-berlebihan-meningkatkan-risiko-insomnia-hingga-asam-urat-9BkgPa5dcV.jpg Ilustrasi (Foto: Currys)

LEBIH dari jutaan orang di seluruh dunia memulai hari dengan minum secangkir kopi. Mereka menganggap minuman tersebut bisa menjadi mood booster.

Kita sudah kenal, kopi termasuk minuman berkafein yang punya efek samping. Bila Anda minum berlebihan atau waktunya tidak tepat bisa memicu dampak buruk.

(Baca Juga: Cara Mudah Atasi Kapalan, Rendam dengan Air Hangat Selama 10 Menit, Kulit Mati Akan Terangkat)

Berikut adalah beberapa efek samping jika terlalu banyak mengonsumsi kopi mengandung kafein. Simak ulasannya, dilansir Boldsky, Sabtu (26/8/2017).

Insomnia

Terlalu banyak menyeruput minuman berkafein bisa membuat mata Anda lebih terjaga. Wajar jika kopi atau teh tak boleh dikonsumsi menjelang tidur, karena mudah memicu insomnia.

(Baca Juga: Kaya Nutrisi, Makan Biji Semangka Rebus Bantu Hilangkan Jerawat hingga Meningkatkan Kesuburan Pria)

Gelisah

Minum kopi di siang hari juga dapat membuat orang gampang gelisah. Triknya supaya tidak lelah dan mengantuk saat bekerja, perbanyak minum air putih supaya tak dehidrasi.

(Baca Juga: Identik dengan Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 6 Manfaat Ini Lho)

Meningkatnya tekanan darah

Saat konsumsi minuman berkafein, kemungkinan tingkat tekanan darah Anda bisa meningkat. Studi telah menunjukkan, hal ini terutama karena kadar tekanan darah yang abnormal. Akibatnya, Anda lebih mudah terserang penyakit pembuluh darah akut.

Meningkatkan kram menstruasi

Menstruasi tidak teratur setiap bulan dan kram menstruasi dapat menjadi salah satu efek samping dari mengonsumsi minuman berkafein dalam jumlah besar. Ini dipengaruhi oleh pembuluh darah menyempit, sehingga tersumbat.

(Baca Juga: Identik dengan Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 6 Manfaat Ini Lho)

Obesitas

Minuman berkafein kaya akan polifenol atau CGA yang lebih spesifik, bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan obesitas. Meskipun beberapa penelitian menunjukkan manfaat dari minum kopi, jangan minum kelebihan dosis yang bisa menggagalkan upaya menurunkan berat badan.

Meningkatkan risiko asam urat

Asam urat adalah penyakit yang mirip dengan arthritis. Kondisinya menyebabkan persendian dan tendon inflamasi akibat kelebihan pengendapan asam urat. Anda harus membatasi minum kopi, supaya mencegah risiko.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini